Koramil Tanggunggunung Dampingi Poktan Randu Agung Terkait Penanaman Kacang Panjang

  • Nasional
  • 11 Apr 2019 | 07:41 WIB
  • Oleh bejo
  • Dilihat 212 kali
image
Foto: beritajowo.com/Dok

beritajowo.com / Tulungagung - Danramil 0807/18 Tanggungunung Kapten Inf Wagimin beserta anggota Koramil 0807/18 Tanggunggunung Kodim Tulungagung melaksanakan pendampingan pertanian kepada Poktan Randu Agung terkait koordinasi penanaman kacang panjang di wilayah perkebunan Kaligentong Afdeling Omben Banteng Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Rabu (10/04/2019).

Penanaman tanaman kacang panjang dipilih karena relatif mudah untuk dibudidayakan dengan masa panen yang cukup singkat. Selain itu, tanaman ini juga banyak mengandung nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, serat, kalsium, zat besi, vit B1, vit B2 dll. Selain kaya akan nutrisi, tanaman tersebut seringkali dimanfaatkan oleh petani untuk memulihkan kandungan nitrogen pada tanah mereka.

Kacang panjang sudah bisa dipanen ketika berumur 45-50 hari atau sekitar 2 bulan. Buah yang sudah siap untuk dipanen memiliki ciri warna hijau keputihan. Cara panen dilakukan dengan cara dipetik secara manual. Biasanya siklus panen bisa dil akukan sebanyak 15-18 kali dalam masa satu kali tanam.

Dari 40kg bibit kacang panjang yang telah diberikan oleh Bpk Yunan, 36kg telah ditanam di beberapa titik wilayah perkebunan Kaligentong Afdeling Omben Banteng dengan total luas tanah penanaman 2,5 Ha yang mayoritas merupakan lahan bekas tanaman jagung.

Danramil 0807/18 Tanggungunung Kapten Inf Wagimin menuturkan bahwa pelaksanaan koordinasi penanaman kacang panjang di wilayah perkebunan Kaligentong Afdeling Omben Banteng Kecamatan Tanggunggunung tersebut demi meningkatkan kesejahteraan para petani. Kacang panjang dipilih karena relatif mudah dibudidayakan dan mengandung banyak nutrisi.

"Selain relatif mudah dibudidayakan dan mengandung banyak nutrisi, kacang panjang mudah dipasarkan sehingga diharapkan mampu mensejahterakan para petani." tutup Danramil. 

Ingin Tahu Empat Daftar Komponen CPU dan Fungsinya? Klik di Sini!

img
BeJo@21
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU