Empat Daftar Komponen CPU Komputer dan Fungsinya

  • Info Publik
  • 18 Apr 2019 | 11:37 WIB
  • Oleh bejo
  • Dilihat 480 kali
image
Foto: Istimewa

beritajowo.com - Memiliki komputer tentu akan membantu pekerjaan Anda setiap harinya. Baik yang digunakan untuk kebutuhan kerja, kuliah, atau kebutuhan lainnya. Mendapatkan harga
komputer atau harga PC murah juga sangat diinginkan banyak orang. Apalagi saat ini penjualan komputer sudah semakin tinggi
sebanding dengan kebutuhan orang-orang yang menggunakannya.

Setiap komputer baik dengan harga PC murah ataupun mahal tentunya mempunyai CPU. Seperti yang kita tahu, fungsi dari CPU yaitu untuk menjalankan kinerja komputer.
Semua komputer tidak akan bisa digunakan, jika tidak ada perangkat CPU. CPU yang memiliki kepanjangan central processing unit menjadi pusat dari pemrosesan data dari perangkat komputer itu sendiri.

CPU mempunyai beragam komponen dan satu dengan lainnya saling terhubung. Inilah yang menjadi hal penting untuk bisa memproses data dari perangkat komputer tersebut. Berikut ini beberapa komponen-komponen CPU komputer lengkap dengan fungsinya:

1. Casing CPU

Casing CPU ada yang terbuat dari beberapa bahan, seperti plastik, besi, stainless, atau baha
n lain. Manfaat dari casing ini adalah untuk melindungi beberapa komponen yang ada pada CPU, seperti melindungi dari panas, air, debu, atau hal lain yang bisa membuat kinerja CPU menjadi terganggu.

Selain berfungsi untuk melindungi komponen yang ada pada CPU, casing juga mempunyai fungsi lain yaitu untuk tempat memasang beberapa komponen, seperti power supply, motherboard, hard disk, dan masih banyak lainnya.

2. Motherboard

Bagi Anda yang belum mengerti apa itu motherboard. Motherboard adalah tempat dimana komponen elektronik dipasang dan terhubung satu dengan lainnya. Hal yang perlu Anda ketahui, motherboard mempunyai beberapa komponen dan ada yang menjadi inti, seperti sound card, processor, video card, hard disk, dan masih banyak yang lain.

Fungsinya yaitu sebagai media yang menghubungkan setiap komponen dari komputer yang bisa berkomunikasi dengan komputer lain. Hal yang perlu Anda ketahui yaitu set iap motherboard ini mempunyai spesifikasi yang berbeda, jadi Anda perlu memilih processor yang sesuai dan memilih RAM dengan kapasitas maksimal yang didukung motherboard tersebut.

Di sini dapat disimpulkan jika tidak semua motherboard dari CPU dengan harga PC murah maupun mahal itu sama. Anda juga tidak bisa memasang komponen di motherboard CPU secara sembarangan. Karena jika tidak didukung, maka komponen bisa saja tidak terbaca di komputer Anda.

3. Processor

Fungsi processor sangatlah penting karena menjadi salah satu komponen inti yang terdapat di dalam CPU. Jika tidak ada processor, maka CPU tidak akan berjalan dan 
perangkat komputer tidak bisa digunakan. Bisa disimpulkan, processor menjadi otak dari komputer.

Proses yang berjalan pada komputer akan dikerjakan oleh processor, tentu dengan bantuan komponen lain. Nah, semakin tinggi kecepatan dari processor, akan semakin cepat pula komputer untuk memproses data yang ada. Namun, selain itu, peforma kecepatan prosesor juga bergantung dengan RAM dan hardisk yang memiliki kapasitas besar.

4. Kipas processor

Fungsi dari komponen satu ini yaitu untuk membantu kinerja dari sebuah processor. Fungsi lain yang dimiliki kipas processor yaitu untuk mendinginkan processor yang 
panas akibat bekerja terus menerus dan menjaga agar suhu dari processor bisa terus stabil dan tetap dingin. Tujuannya agar processor tidak cepat overheat atau rusak.

Itu dia beberapa komponen yang terdapat dalam CPU komputer lengkap dengan fungsinya. Jika Anda tertarik untuk membeli komputer dengan harga PC murah bisa memilih laptop dengan merk Axioo. Di bukalapak, Anda bisa membeli beragam tipe laptop Axioo lengkap dengan harga laptop Axioo terbaru.

Anda akan mendapatkan keuntungan tersendiri jika berbelanja di marketplace satu ini. Selain ada promo-promo menarik yang bisa dimanfaatkan, pilihan barang atau produk
juga sangat lengkap. Ini akan menjadi kemudahan serta keuntungan tersendiri bagi Anda yang tidak memiliki waktu lebih untuk belanja.

img
BeJo@21
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU