KGL Buka Cabang di Jerakah, Pasien Dibuat Nyaman

  • Info Publik
  • 08 Apr 2019 | 14:58 WIB
  • Oleh sm.com
  • Dilihat 272 kali
image
foto: istimewa

beritajowo.com / SEMARANG- PT Lestari Wirawan Binangun bekerja sama dengan PT Bakti Medika Sejahtera yang berkantor di Jakarta Pusat membuka cabang Klinik Ginjal dan Hipertensi atau akrab disebut KGL di daerah Jerakah Semarang. Klinik yang khusus melayani pasien dalam cuci darah atau Haemodialisis merupakan pertama kali di buka di sekitar Kelurahan Jerakah, Kecamatan Tugu Semarang, Kamis (4/4). Demi memberikan pelayanan saat cuci darah, pasien dibuat dengan senyaman mungkin.

Direktur KGL Jerakah Semarang, Herman Sarage mengemukakan, Klinik Ginjal dan Hipertensi yang berada di Jerakah merupakan cabang dari Klinik Ginjal dan Hipertensi yang berada di daerah Sompok Kelurahan Lamper Kidul, Kecamatan Semarang Selatan. Adapun upaya kenyamanan bagi pasien cuci darah yaitu ruang di desain dengan penyediaan ruang ber-AC dan terdapat televisi. Hal itu dilakukan karena saat cuci darah membutuhkan waktu 4-5 jam. Sehingga selama pasien cuci darah mereka dapat nyaman. 

Tak hanya itu, Klinik Ginjal dan Hipertensi juga memberikan pelayanan cek kesehatan, terdapat 20 mesin operasional cuci darah dan pemeriksaan penyakit dalam yang ditangaani oleh dokter profesional sesuai dengan bidangnya. 

"Tujuan dari membuka cabang Klinik Ginjal dan Hipertensi merupakan upaya mendekatkan pelayanan dengan masyarakat dan membantu pemer intah dalam memberikan pelayanan cuci darah bagi pasien. Sebab di daerah Semarang hanya ada dua klinik yang dapat memberikan pelayanan cuci darah bagi pasien," ujarnya.

Selain itu, dalam pembukaan cabang bertujuan juga untuk membuka lapangan kerja bagi yang berkecimpung dalam dunia pendidikan kesehatan. Klinik Ginjal dan Hipertensi di daerah Jerakah dapat menyerap tenaga kerja sekitar 25 orang diantaranya membutuhkan 15 orang perawat dan sisanya job bagian administrasi, satpam dan cleaning servis. 

"Kami berharap dengan adanya pembukaan cabang baru dapat segera beroperasi karena klinik kami fokus dalam pelayanan cuci darah dan CAPD (cuci perut)," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Klinik Ginjal dan Hipertensi daerah Sompok Kelurahan Lamper Kidul, DR. Dr. Lestariningsih dalam sambutanya mengemukakan bahwa Klinik Ginjal dan Hipertensi setara dengan tipe D sehingga pelayanan berstandar sama dengan pelayanan elit. Namun bentuk pelayanan hanya berupa cuci darah. Sedangkan untuk cangkok ginjal hanya bisa dilakukan di rumah sakit tipe A Kariadi. adapun di Klinik Ginjal dan Hipertensi hanya bisa melakukan screening. 

"Selain itu, kami juga ingin membuka wacana baru kepada masyarakat bahwa saat pasien cuci darah dirujuk ke klinik, masyarakat beranggapan bahwa klinik juga memberikan pelayanan cuci darah," ujar Lestari.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU