Bawaslu Periksa Pelaku Kampanye Hitam di Banyuwangi

  • Nasional
  • 18 Mar 2019 | 15:57 WIB
  • Oleh bejo25
  • Dilihat 171 kali
image
foto.(istimewa)

beritajowo.com // Banyuwangi - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Banyuwangi memeriksa ustaz Supriyanto, terduga pelaku kampanye hitam di Masjid Al Ihsan di Desa Kalibaru Kulon, Banyuwangi.

Warga Desa Kalibaru, Kecamatan Kalibaru ini datang ke kantor Bawaslu Banyuwangi dengan didampingi kuasa hukumnya, Abdul Basir. Selama 1 jam, Ustaz Supriyanto dimintai keterangan terkait dengan kejadian tersebut.

Komisioner Bawaslu Banyuwangi Anang Lukman mengatakan, pemeriksaan ini untuk meminta keterangan langsung kepada terlapor terkait video viral kampanye hitam di salah satu masjid di Desa Kalibaru Kulon tersebut.

Karena berdasarkan barang bukti berupa rekaman video, Supriyanto melakukan kampanye dengan mengarahkan masyarakat untuk memilih capres tertentu.

Anang mengatakan Selain memeriksa terduga Supriyanto, Bawaslu Banyuwangi juga memeriksa sejumlah saksi yang pada saat kampanye berad a di lokasi.

Anang Lukman menambahkan, dalam kasus dugaan kampanye di tempat ibadah ini, pihaknya juga akan meminta saksi ahli. Ini untuk menguatkan apakah pembicaraan Supriyanto di tempat ibadah itu masuk dalam pelanggaran pidana pemilu atau tidak.

Sementara itu, Kuasa Hukum Supriyanto terduga pelaku kampanye di tempat ibadah, Abdul Basir mengatakan, bahwa kliennya tidak mengetahui bahwa ceramah yang disampaikan kepada jamaah masjid itu mengandung unsur kampanye.

Sebab, selama ini kata dia, di wilayah Desa Kalibaru Kulon tidak pernah ada sosialisasi tentang aturan kampanye dari KPU.

Menurut Abdul Basir, kliennya diperiksa terkait beredarnya video ceramah di salah satu masjid, yang dianggap hal itu sebagai kampanye. Kata dia , Ustaz Supriyanto sempat dicerca sejumlah pertanyaan terkait isi video tersebut. Basir menekankan kliennya akan kooperatif baik memenuhi panggilan Bawaslu maupun Kepolisian.

img
BeJo@25
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU