Mau Aman Selingkuh? Jadilah Burung!

  • Info Publik
  • 11 Mar 2019 | 08:25 WIB
  • Oleh bejo25
  • Dilihat 74 kali
image
foto.(istimewa)

beritajowo.com // Belanda - Bagi burung,perselingkuhan sangat bermanfaat untuk menjaga kelangsungan jenis agar tidak punah.

Hal tersebut terungkap dari hasil riset para peneliti dari University of East Anglia, University of Melbourne di Australia, dan University of Groningen di Belanda.

Hasil penelitian mengungkap bahwa asmara burung menyerupai asmara manusia. Burung punya pilihan untuk hidup bersama satu pasangan selamanya dan beranak pinak, layaknya membangun bahtera rumah tangga.

Namun, ternyata "biduk rumah tangga" burung juga dihiasi perselingkuhan.

Pada burung, betinalah yang lebih suka berselingkuh.

Riset menguak bahwa betina burung memang masih menjaga "komitmen" dengan pejantan pasangannya namun terus berselingkuh dengan pejantan lain. Yang mengejutkan, perselingkuhan juga menghasilkan anak.

Ilmuwan University of East Anglia mempelajari burung penyanyi spesies Acrocephalus sechellens is. Mereka mengungkap bahwa betina spesies itu lebih memilih pejantan lain membuahi telurnya.

Tim peneliti menangkap 97 persen A sechellensis di Pulau Cousin. Mereka mengambil sampel DNA dan mengobservasi perilaku reproduksi burung itu. Sejumlah 160 burung yang lahir antara tahun 1997-1999 diteliti dan peneliti menemukan bahwa 40 persen burung itu adalah "anak haram". Sementara itu, tim dari Melbourne University dan University of Groningen meneliti burung penyanyi spesies Parus caeruleus.

Peneliti mengambil 1.732 telur dari 190 sarang burung spesies P caeruleus. Ilmuwan melakukan identifikasi untuk menentukan ayah dari telur tersebut serta telur tersebut dikeluarkan. Hasilnya mengejutkan, banyak telur yang merupakan hasil pembuahan pejantan lain.

Diberitakan ABC News, betina P caeruleus punya keahlian mengatur pembuahan. Betina mampu menyimpan sperma. Pada saat awal, betina akan menggunakan sperma pejantan lain untuk membuahi telurnya.

img
BeJo@25
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU