Hayabusa 2 Berhasil Mendarat di Asteroid Berjarak 300 Juta Km dari Bumi

  • Internasional
  • 02 Mar 2019 | 13:15 WIB
  • Oleh bejo25
  • Dilihat 158 kali
image
foto.(istimewa)

beritajowo.com // Jepang - Setelah melakukan perjalanan selama 3,5 tahun,pesawat luar angkasa Jepang Hayabusa 2,berhasil mendarat di asteroid yang berjarak 300 juta kilometer dari bumi.

Pejabat dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) mengatakan Hayabusa 2 mendarat di asteroid Ryugu pada Kamis (21/2) sekitar pukul 11.30 waktu setempat.

Data dari penyelidikan menunjukan terdapat beberapa perubahan kecepatan dan arah sehingga mengindikasi telah mencapai permukaan asteroid.

Rekaman langsung dari ruang kontrol JAXA menunjukan puluhan anggota JAXA was was memantau data sebelum Hayabusa 2 m endarat.

Juru bicara JAXA Chisato Ikuta mengatakan,pusat kendali menerima data yang menunjukan pesawat tersebut dalam keadaan normal dan stabil.

Hayabusa 2 juga menembakan beberapa peluru ke permukaan asteroid guna mengaduk materi permukaan dan dikumpulkan untuk dianalisis kembali ke bumi.

Asteroid Ryugu diperkirakan mengandung sejumlah besar bahan organik dan air sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu ketika tata surya muncul.

Materi apapun akan dikumpulkan oleh pesawat ruang angkasa yang disimpan diatas pesawat sampai Hayabusa 2 mencapai lokasi pendaratannya di Woomera Australia Selatan pada 2020.

img
BeJo@25
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU