KKP Berikan 287 Paket Bantuan Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

  • Regional
  • 10 Nov 2017 | 09:22 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 98 kali
image
Foto: Istimewa

PEKALONGAN, beritajowo.com - Bantuan 287 alat tangkap ikan ramah lingkungan diberikan Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap kepada para nelayan Kabupaten/Kota Pekalongan, Kabupaten Batang dan Brebes.

Sjarief Widjaja, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP, mengatakan bahwa 287 paket alat penangkapan ikan ramah lingkungan terdiri atas 26 paket untuk nelayan Pekalongan, 61 paket nelayan Batang dan 200 paket pada nelayan Kabupaten Brebes.?

"Bantuan tersebut sebagai wujud komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan dengan tetap menjaga sumber daya ikan dan laut Indonesia juga tetap lestari," kata Sjarief Widjaja, di Pekalongan, Kamis (9/11/2017).

Ia mengatakan, dada kesempatan sebelumnya, KKP juga menyerahkan 123 paket bantuan pada 25 nelayan Kabupaten Pekalongan, 30 paket nelayan Kabupaten Batang, dan 68 paket nelayan Brebes, serta 1 unit kapal berbobot 5 gross ton dan 5 unit kapal berbobot 10 GT pada nelayan Kota Pekalongan, 3 unit kapal berukuran 5 GT pada nelayan Kabupaten Pekalongan.?

Menurut dia, pemerintah semakin intensif dalam mengembangkan alat tangkap ikan ramah lingkungan dan berkomitmen penuh membantu nelayan terkait hal tersebut agar ekosistem laut tetap terjaga.?

"Pemerintah akan terus hadir untuk memberikan bantuan, fasilitasi, sosialisasi dan berdialog dengan nelayan. Alat tangkap ikan adalah modal kita untuk terus mengembangkan usaha penangkapan ikan secara produktif dan berkelanjutan," katanya.

Ia menambahkan, untuk membantu kecelakaan kerja para nelayan, KKP juga memberikan bantuan paket premi asuransi nelayan untuk Kabupaten Batang, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pekalongan, dan Kota Pekalongan.?Realisasi bantuan premi asuransi nelayan pada 4 kabupaten/kota itu, kata dia, kini sudah mencapai 12.703 nelayan.

"Hingga akhir tahun 2017, kami targetkan tercapai bantuan untuk 18.300 nelayan," katanya.?

img
BeJo@21
EDITOR

KABAR TERBARU