RDG Putuskan Pertahankan Suku Bunga Acuan BI

  • Nasional
  • 21 Feb 2019 | 16:14 WIB
  • Oleh bejo25
  • Dilihat 233 kali
image
FOTO.(ISTIMEWA)

beritajowo.com // Jakarta - Rapat Dewan Gubernur atau RDG Bank Indonesia pada Februari 2019, memutuskan untuk kembali mempertahankan suku bunga acuan BI, 7-Day Reverse Repo Rate sebesar enam persen.

Begitu juga, untuk suku bunga Deposit Facility, yang tetap dipertahankan sebesar 5,25 persen dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75 persen.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menilai, keputusan itu masih konsisten dengan upaya menurunkan defisit transaksi berjalan ke dalam batas yang aman dan mempertahankan daya tarik aset keuangan domestik.

BI menargetkan, defisit transaksi berjalan pada 2019, bisa berada di kisaran 2,5 persen, setelah pada 2018, diperkirakan berada di posisi tiga persen ke atas dari produk domestik bruto (PDB).

Perry menambahkan, untuk memperkuat itu, Bank Indonesia terus menempuh strategi operasi moneter, demi menjaga kecukupan likuiditas, baik di pasar rupiah maupun valas, sehingga dapat mendukung stabilitas moneter dan sistem keuangan.

Meski begitu, dia menegaskan, stabilitas sistem keuangan saat ini tetap terjaga disertai fungsi intermediasi yang tetap baik dan risiko kredit yang terkendali.

"BI terus menepuh kebijakan operasi moneter dalam mendorong pembiayaan perbankan dan memperkuat kebijakan sistem pembayaran, dalam rangka memperluas sistem pembiayaan ekonomi," tegasnya.

img
BeJo@25
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU