Inikah Sosok Penerus Karl Lagerfeld Pacsa Kepergiannya?

  • Internasional
  • 20 Feb 2019 | 11:16 WIB
  • Oleh bejo25
  • Dilihat 191 kali
image
FOTO.(ISTIMEWA)

beritajowo.com // Prancis - Desainer serbabisa Karl Lagerfeld meninggal dunia pada usia 85 tahun pada Selasa (19/2).

kabar itu menimbulkan ragam spekulasi sengit soal siapa gerangan yang bakal meneruskan tugasnya di Chanel.

Nama-nama seperti Heider Ackermann, Phoebe Philo, hingga Alber Elbaz mengisi 'ruang gosip' selama beberapa pekan mode terakhir.

Namun, kini gosip itu telah berakhir. Nama tangan kanan Lagerfeld di Chanel, Virginie Viard, muncul ke permukaan sebagai perancang koleksi rumah mode ini.

Salah seorang pemilik Chanel, Alain Wertheimer, telah mempercayakan rancangan mode masa depan Chanel pada Viard, tangan kanan Lagerfeld selama 30 tahun ini.

Kabar kematian Karl diumumkan secara resmi melalui akun Instagram @chanelofficial. Langkah ini dilakukan untuk menjaga 'warisan' Coco Chanel dan Karl Lagerfeld tetap hidup.

Virginie Viard menerima tepuk tangan terakhir pada presentasi Chanel haute couture pada Januari 2019 lalu. Kala itu, dia hanya ditemani oleh sang model, Vittoria Ceretti, tanpa Karl Lagerfeld yang menemani.

Wanita asal Prancis itu telah bekerja untuk Chanel sejak 1987 silam. Baru-baru ini, dia bertanggung jawab atas semua departemen kreatif di rumah mode tersebut.

Salah satu tugas kepala studio a dalah membuat sketsa lanjutan berbasis sketsa awal buatan Lagerfeld. Viard juga mengawasi 'petites mains' yang legendaris. Nama itu merujuk pada tangan-tangan kecil artisan dan penjahit yang mengimplementasikan desain sketsa menjadi bentuk tiga dimensi.

Viard juga berhubungan dengan penjahit di seluruh atelier, memvisualisasikan pertunjukan, menyiapkan segala sesuatunya untuk Lagerfeld, memutuskan bahan-bahan yang digunakan, mengkoordinasikan tim, dan berhubungan dengan pemasok material serta atelier di luar Chanel.

Berasal dari keluarga produsen sutera, Viard lahir dan dibesarkan di dunia mode. Setelah mempelajari tekstil di sekolah mode, dia memulai kariernya sebagai desainer kostum untuk teater dan film.

Pasca-berkenalan, Lagerfeld mengundang Viard untuk mengerjakan sulaman di Chanel. Undangan menyulam ini menandai dimulainya hubungan pertemanan 32 tahunnya bersama Lagerfeld.

Lagerfeld juga pernah membawa Viard selama tugas kreatifnya di rumah mode Prancis, Chloe, dalam kurun waktu 1992-1997. Namun demikian, Lagerfeld 'memulangkan' Viard kembali bersama Chanel.

Koleksi runway Chanel untuk koleksi musim dingin 2019/2020 di bawah kepemimpinan Virginie Viard untuk pertama kali bakal diperagakan pada dalam gelaran Paris Fashion Week pada 5 Maret 2019 mendatang.

img
BeJo@25
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU