Pelajar SMAN Sale Sukses Gelar Pameran Lukisan Antar-Provinsi

  • Regional
  • 18 Feb 2019 | 05:41 WIB
  • Oleh sm.com
  • Dilihat 302 kali
image
foto: istimewa

beritajowo.com / REMBANG – Pelajar SMAN 1 Sale, sukses menggelar pameran seni lukis antar-provinsi yang digelar selama tiga hari, mulai Jumat sampai Minggu (17/2). Sebanyak 140 lukisan milik berbagai pelukis dipamerakan di gedung KPRI Sale.

Pameran bertajuk “Alit Art Exhibition” itu terbilang unik. Panitia yang berjumlah 25 orang, seluruhnya merupakan siswa SMAN 1 Sale. Beberapa guru dan pelukis profesional hanya sebagai pengarah untuk optimalisasi kegiatan.

Pembina kesenian SMAN 1 Sale, Muchadi mengatakan, lukisan yang dipamerkan didominasi karya siswa. Hanya 40 buah lukisan saja yang merupakan karya pelukis profesional, baik dari Rembang, Tuban, Bondowoso maupun Solo.

Menurut Muchadi, pamera lukis ini digelar sebagai motivasi bagi kalangan pelajar yang memiliki bakat seni lukis agar lebih semangat lagi berkarya. Selain pelajar SMAN 1 Sale, ada juga lukisan karya pelajar SMPN 1 Jatirogo, MTsN Sale, SMP Sale, SMK Muhamadiyah Pamotan, SMA Kragan serta SD Pandangan.

Menurut Muchadi, beberapa pelukis lokal juga sengaja menghadirkan sej umlah pelukis profesional dari berbagai daerah. Lukisan para pelajar disandingkan dengan karya pelukis terkemuka untuk menggugah paa pemula berkarya.

“Dari kalangan seniman terkemuka ada Prof Aryo Sunaryo dari Unnes, Maestro Sapto Sugiyo Utomo dari Solo, Maestro Bangun Asmoro dari Sidoarjo. Ada juga karya mahasiswa ISI Yogyakarta, pelukis lokal Rembang, Blora dan Jatirogo. Kami ingin mendorong pelajar berani berkreasi,” terang dia.

Ia menyebut, pameran lukisan ini tidak semata mengejar nilai transaksi. Terpenting adalah kehadiran sejumlah pelukis besar di Sale bisa menginspirasi para pelajar untuk terus mengembangkan bakat melukis mereka.

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel), Yusun Baidowi mengungkapkan, pameran di Sale menjadi salah satu gebrakan lantaran digelar di wilayah pedesaan. Selama ini pameran lukisan kerap digelar di wilayah perkotaan.

“Banyak manfaat dari pameran yang melibatkan banyak pelajar seperti ini. Kami bisa bertemu langsung dengan sejumlah seniman profesional untuk memotivasi agar lebih kreatif lagi dalam berkarya,” tandasnya. 

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU