Amankan Pemilu 2019, Kodam IV/Diponegoro Siagakan 13 Ribu Personel

  • Regional
  • 15 Feb 2019 | 03:11 WIB
  • Oleh SPC
  • Dilihat 171 kali
image
Foto:istimewa

beritajowo.com / SEMARANG - Kodam IV/Diponegoro meyiagakan 13 ribu personel yang dipersiapkan untuk membantu tugas Polri, baik di wilayah Polda Jateng maupun Polda DIY. Jumlah personel tersebut dibagi menjadi tiga penugasan, yakni tiga ribu personel BKO Polda, tujuh ribu personel berada di Satuan Kewilayahan (Korem dan Kodim), dan tiga ribu sebagai pasukan cadangan.

Pengerahan belasan ribu pasukan tersebut dimaksudkan untuk memastikan penyelenggaraan Pemilu 2019 berjalan dengan tertib, damai, aman dan sukses. Pada saatnya di lapangan nanti, semua telah diatur sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Baik Polri dan TNI diharapkan mematuhinya.

''Pengerahan dan penyiagaan pasukan akan dimulai dari Korem, Kodim hingga Koramil. Bila diperlukan, Satuan Tempur dan Satun Bantuan Tempur, termasuk dari TNI AL dan TNI AU juga akan dikerahkan. Kami berharap penyelenggaraan tahapan Pemilu mulai dari kampanye, pencoblosan, penghitungan suara hingga penetapan pemenang dapat berjalan tertib, lancar dan aman,'' papar Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, dalam sambutannya pada Rapat Kerja Kementerian Agama (Kemenag) Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Tengah, di Hotel Grand Candi Semarang.

Pada kesempatan tersebut, Teguh Muji Angkasa juga menjadi narasumber forum diskusi bertajuk ' ;'Moderasi Beragama Untuk Kebersamaan Umat ''. Dia menerangkan tentang strategi atau kebijakan yang diambil Kodam IV/Diponegoro dalam mengamankan tahapan-tahapan Pemilu 2019. Pesta demokrasi tersebut terdiri atas Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pilleg), yang akan dilaksanakan pada 17 April.

''Sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, disebutkan tugas pokok TNI meliputi Operasi Militer Perang (OMP). Operasi tersebut dalam melawan agresi musuh yang akan menyerang Indonesia. Selnjutnya ada Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Di dalamnya terdapat 14 macam tupoksi, salah satunya membantu Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas),'' ujar dia.

Dia turut berharap, agar tugas Kamtibmas harus mendapatkan dukungan seluruh lapisan masyarakat. Tujuannya, untuk mewujudkan Jateng dan DIY dalam situasi aman, terkendali, dan kondusif. Dia turut menyatakan, jika TNI-Polri akan selalu memegang teguh netralitas pada pelaksanaan Pemilu 2019.

''Kami juga meminta seluruh anggota peserta Pemilu bersama simpatisannya, untuk menjaga perilakunya agar tidak menimbulkan kekacauan. Semangat kebersamaan akan mampu menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Komitmen menjaga netralitas ini, merupakan sesuatu hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi,'' tegas dia. 

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU