AS Desak Jerman Segera Ambil Tahanan Jihadis Asal Jerman

  • Internasional
  • 07 Feb 2019 | 10:29 WIB
  • Oleh bejo25
  • Dilihat 168 kali
image
foto.(istimewa)

beritajowo.com // Jerman - Jihadis asal Jerman, bersama istri dan anak-anak mereka, berada di tahanan Kurdi di Suriah.

Islamic State dan rencana AS tarik diri dari Suriah jadi desakan segera ambil tindakan atas tahanan.

Menurut pihak berwenang Kurdi di Suriah, Jerman mengelak dari tanggungjawabnya untuk merepatriasi jihadis asal Jerman, juga istri dan anak-anak mereka yang di tahan di timur laut Suriah.

Syrian Democratic Forces (SDF) yang didukung AS telah menangkap sekitar 800 jihadis, 600 perempuan dan lebih dari 1.200 anak dari belasan negara, ketika melaksanakan serangan terhadap sisa-sisa organisasi teroris yang menyebut diri Islamic State (IS) atau ISIS.

"Di antara mereka ada puluhan jihadis asal Jerman, juga perempuan dan anak-anak," demikian dikatakan badan yang bertindak sebagai departemen luar negeri di kawasan otonomi Kurdi di Suriah, pada Deutsche Welle. Ditambahkan, jumlah jihadis asing yang ditahan semakin banyak.

Pemerintah negara-negara Eropa sangat berhati-hati dalam mengambil langkah repatriasi jihadis yang berjuang untuk "kalifat" IS di Suriah dan Irak, karena khawatir dampak politis menerima kembali ekstremis, mengingat Prancis, Jerman dan negara lain Eropa sudah jadi sasaran serangan teroris.

Namun demikian, rencana AS untuk menarik militernya menyulut kekhawatiran atas keamanan di kawasan Suriah yang dikuasai kaum Kurdi. Mereka menghadapi ancaman serangan militer Turki, dan ini mungkin menyebabkan mereka mulai mempertimbangkan kesepakatan dengan pemerintah Suriah.

img
BeJo@25
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU