Ganjar Tantang Prabowo Optimalkan Laut

  • Regional
  • 16 Jan 2019 | 06:37 WIB
  • Oleh sm.com
  • Dilihat 143 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / semarang - Usai pengembangan infrastruktur transportasi udara dan darat, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat ini tengah mendorong infrastruktur transportasi laut di Jateng agar terdongkrak. Sederhana harapannya, ketika orang masuk ke pelabuhan harus senang dan bahagia.

"Setelah bandara, tol dan kereta sekarang yang ditunggu adalah laut. Semuanya sudah bagus diperbaiki, sekarang tinggal di laut, Pelindo mau melakukan hal revolusioner apa di Jawa Tengah," tanya Ganjar saat menerima Direktur Pelindo III Regional Jateng Arif Prabowo, di ruang kerjanya, Selasa (15/1).

Untuk bandara, di Jawa Tengah saat ini tengah dikembangkan enam bandara, yakni Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Internasional Adi Soemarmo, Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga, Bandara Ngloram Blora, Bandara Tunggul Wulung Cilacap dan Bandara Dewadaru Karimunjawa Jepara.

Sementara untuk tol telah terhubung dari Brebes hingga Sragen dan saat ini proses lelang tol Bawen - Y ogyakarta. Sementara untuk kereta reaktivasi bakal dilakukan pada jalur Purwokerto - Wonosobo serta rel Pantura. Kepada Arif, Ganjar menantang hal revolusioner apa yang bakal dilakukan.

“Tanjung Emas itu kekecilan. Kalau dibesarkan bagaimana, harus dengan teknologi apa yang bisa dipakai? Mau melakukan apa di Semarang dan Tegal atau di manapun, kalau tidak revolusioner nggak usah. Mimpi saya, kalau orang ke pelabuhan senang dan bahagia, kayak orang tiba di bandara mau naik pesawat. Optimalkan itu,” katanya.

Direktur Pelindo III Regional Jateng Arif Prabowo menyampaikan, saat ini pihaknya masih fokus pengembangan untuk kawasan Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) Tanjung Emas Semarang dan Tanjung Intan Tegal. Untuk Pelabuhan Tanjung Emas memasuki tahap penyelesaian reaktivasi rel Bandarharjo-Tawang.

“Maret reaktivasi selesai. Kalau itu terhubung, akan terhubung ke selatan dan barat Jawa. Bahkan Grobogan sudah minta dan akan melakukan ekspor atau antarpulau lewat kereta api,” terangnya.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU