Pilot Indonesia Harus Profesional, Berkualitas dan Punya Daya Saing

  • Nasional
  • 11 Jan 2019 | 18:56 WIB
  • Oleh KMC
  • Dilihat 115 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / semarang - Di era persaingan global yang semakin tajam, diperlukan sumber daya manusia yang  profesional dan berkualitas di bidangnya masing-masing untuk memenangi persaingan tersebut. Tak terkecuali di bidang penerbangan yang merupakan bidang sangat spesifik dan berteknologi tinggi.

Seorang profesional di bidang penerbangan seperti misalnya pilot, harus terus menjaga profesionalitas dan kemampuannya sehingga berkinerja bagus dan mampu bersaing tidak hanya di lingkup nasional namun juga internasional. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya pada Kongres keempat Ikatan Pilot Indonesia (IPI), di Jakarta.

"Selain itu, profesi pilot sangat penting dalam mendukung konektifitas transportasi nasional yang sedang dikembangkan Pemerintah saat ini. Kongres ini sangat relevan untuk mendiskusikan hubungan profesi pilot dan konektivitas nasional karena pesatnya konektivitas memerlukan pilot yang handal", ujarnya.

Sementara itu Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti menyatakan bahwa persaingan bidang penerbangan di masa depan akan semakin tajam dan kompleks. Apalagi seiring dengan dilakukannya Asean Single Market dan Open Sky Policy untuk penerbangan. Akan terjadi persaingan antar sumber daya manusia penerbangan dari negara-negara ASEAN yang semakin sengit karena pangsa pasarnya sudah menjadi satu.

"Untuk itu saya harap pilot-pilot di Indonesia, terutama yang tergabung dalam IPI harus terus menerus meningkatkan kualitas dan mengembangkan diri. Salah satunya dengan bergabung dalam asosiasi pilot internasional, baik pilotnya maupun organisasinya sehingga makin dikenal dan diakui di dunia internasional," ujar Polana.

Polana melanjutkan bahwa, Penerbangan itu kunci dan core business-nya adalah keselamatan. "Seorang pilot  harus menjadi salah satu bagian yang terdepan  dalam menjaga core business-nya itu. Seorang pilot yang berkualitas dan profesional saya yakin akan mampu melaksanakan hal tersebut!" katanya.

Polana berharap kongres keempat IPI bisa berjalan dengan sukses dan membawa manfaat bagi para pilot serta sektor penerbangan nasional. IPI sendiri adalah salah satu organisasi pilot di Indonesia yang didirikan pada 11 januari 2016. Hingga saat ini, IPI mempunyai anggota 3575 pilot Indonesia baik itu dari asosiasi pilot perusahaan maupun individu.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU