Keluarga Afganistan Menggelandang Di Depan Rudenim Semarang

  • Regional
  • 10 Nov 2017 | 02:37 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 81 kali
image
Foto.(istimewa)

Semarang, beritajowo.com? - Keluarga berkewarganegraan asing (Afganistan), Muhammad Husein bersama istrinya, Qudsiah dan tiga anaknya, Ali, Ahmad, dan Ilyas, sejak 30 Oktober 2017 menggelandang di depan Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Semarang. Mereka menempati warung mi ayam yang beratap tenda dan beralas karpet.

Sudah empat bulan terakhir mereka ?di Indonesia. Sempat singgah di Bogor, mereka lalu menumpang bus dan sampai ke Semarang. Mereka pergi dari tanah kelahirannya karena merasa tidak aman dan sudah tidak punya harta benda.

"Kami hanya ingin mencari aman, kasihan anak kami," ujarnya, Selasa (7/11) seperti diterjemahkan Muhammad Raziq, sesama warga Afghanistan, yang sudah tinggal di Indonesia selama lima tahun.

Indonesia hanya sebagai transit untuk mereka. Tujuan mereka adalah Australia. Raziq mengungkapkan, Husein dan keluarga ingin masuk ke Rudenim Semarang. Namun karena dilarang masuk, mereka akhirnya tinggal di warung mi ayam.

Dalam kesehariannya, mereka mengandalkan bantuan dari warga sekitar Rudenim. Bahkan, telepon genggam pun terpaksa dijual untuk membeli tiket bus dari Bogor ke Semarang. Sementara untuk keperluan mandi, mereka menumpang di masjid.

Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban Rudenim Semarang, Dwi Avando Farid sudah menyarankan kepada imigran Afghanistan itu untuk mencari Rudenim lain. Sebab, Rudenim di Semarang sudah kelebihan kapasitas. Saat ini, Rudenim Semarang dihuni 140 orang dari kapasitas 60 orang, sehingga tidak mungkin menerima mereka.

Namun, keluarga Husein bersikeras masuk ke Rudenim Semarang dan memilih tinggal di warung mi ayam yang berada di depan Rudenim. "Karena laporan kasus ini sudah sampai ke Gubernur, maka mereka akan dievakuasi ke Bogor. Mereka kita antar ke terminal dan kita belikan tiket ke Bogor, karena di sana ada komunitas warga Afghanistan yang jumlahnya mencapai 5.000 orang.

img
BeJo@25
EDITOR

KABAR TERBARU