Monokrom Printing Andalkan Mesin Fuji Xerox Iridesse™ Production Press dari Astragraphia

  • Regional
  • 09 Des 2018 | 05:58 WIB
  • Oleh sm.com
  • Dilihat 127 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / SEMARANG  – Digitalisasi tidak membuat industri printing menurun dan justru terus tumbuh, perbedaannya pada jumlah yang dicetak dalam sekali pemesanan memang berkurang tetapi secara keseluruhan justru bertambah. Kustomisasi kemasan produk yang diberikan kepada pelanggan, satu di antara faktor yang membuat industri printing tetap bertahan.

Monokrom Printing yang mengandalkan mesin produksi Fuji Xerox Iridesse™ Production Press dari Astragraphia, resmi dibuka di Jalan Citarum Nomor 41 Semarang menghadirkamn terobosan baru pada bisnis print shop di Jawa tengah pada umumnya dan Kota Semarang pada khususnya. Menurut owner Monokrom Agus Riyanto, tempatnya akan memuaskan design grafis dengan tempat yang sedikit berbeda bernuansa industrial dan homie.

“Kami melihat bisnis printing terus berkembang terutama print untuk kemasan produk, terutama saat ini pemerintah sangat medukung pertumbuhan UMKM,” kata Agus saat pembukaan Monokrom, Selasa (6/12).

Berdasarkan laporan dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Semarang, saat ini tercatat jumlah UKM di Semarang mencapai lebih dari 14.000 dengan penambahan sekitar 2.000 UKM setiap tahunnya.

Sementara Owner Monokrom Sebastian Pradipta, optimis tempat yang baru dibukanya akan mempunyai prospek yang cerah karena merupakan bagian dari bisnis komunikasi. Bisnis komunikasi berkaitan dengan berbagai hal, satu di antaranya produk dari UMKM, baik makanan maupun produk lainnya.

“Kalau masih berkaitan dengan komunikasi dan proses kreatif, saya optimis ke depannya. Kustomisasi kemasan produk dengan mengedepankan consumer experience saat ini menjadi tren dalam dunia bisnis untuk memuaskan pelanggan,” tambah Sebastian.

Dilansir dari laporan Badan Pusat Statistika di kuartal ketiga pada tahun 2017 lalu, bisnis kemasan berkontribusi hampir 50 persen dari penjualan pada industri percetakan. Bisnis ini juga terus bertumbuh positif jika dibandingkan dengan usaha di bidang offset printing seperti buku, majalah, spanduk, dan sebagainya. Berdasarkan laporan tersebut, bisnis kemasan diprediksi untuk menjadi segmen utama pada industri grafika. Hal ini mendasari para pelaku bisnis untuk mulai berinvestasi pada mesin digital.

Eko Wahyudi Santoso, Chief of Business Operation-2 PT Astra Graphia Tbk mengatakan, memiliki komitmen untuk menghadirkan inovasi-inovasi yang dapat mendukung terciptanya ekosistem bisnis yang dinamis. Salah satu mesin yang menjadi unggulan kami adalah Fuji Xerox Iridesse™ Production Press dengan fitur dan spesifikasi tinggi sehingga pelanggan tidak perlu ragu saat menuangkan desain yang mereka miliki dari versi digital untuk kemudian dicetak.

Iridesse™ Production Press merupakan sebuah printer high-end untuk kalangan professional. Mesin produksi Iridesse™ ini di klaim sangat cocok bagi pelaku bisnis kreatif karena merupakan satu-satunya mesin printer yang memiliki kemampuan mencetak enam warna, termasuk warna-warna spesial seperti metalik dengan metode single pass, menggunakan tambahan hingga dua dry ink spesial warna Gold, Silver, Clear (spot), dan White dengan kualitas hasil cetak yang menawan.

Dengan single-pass print engine enam warna yang baru dikembangkan ini, Iridesse™ Production Press dapat mencetak gambar memukau dengan proses cetak warna xerographic menggunakan hingga dua dry ink spesial warna Gold, Silver, White, dan Clear (spot) sebagai tambahan dari tinta standard yang berwarna Cyan, Magenta, Yellow, dan Black (CMYK). Selain itu dengan hadirnya White dry ink dapat mengakomodasi percetakan pada kertas berwarna gelap, transparan, label maupun kertas spesial lain. Dibandingkan dengan printer yang menggunakan tinta konvensional CMYK, dry ink spesial ini dapat memperluas berbagai ekspresi, menghasilkan hasil cetak akhir dan aplikasi yang premium, sehingga dapat menambah nilai pada aktivitas marketing.

Kemampuan gramatur kertas hingga 400 gram per square meter dan ukuran kertas hingga 1.200 milimeter, tentunya memperluas aplikasi cetak dokumen untuk kebutuhan packaging dalam jumlah terbatas seperti packaging box karton yang biasa ditemukan pada industri kuliner, fashion, maupun event spesial lainnya.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU