Jalan Sehat Sosialisasi Kendalikan Sampah Plastik

  • Nasional
  • 09 Des 2018 | 16:03 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 86 kali
image
foto: beritajowo.com/dok

beritajowo.com / Nganjuk – Bertempat di depan Pendopo Kabupaten Nganjuk Jl. Basuki Rachmat Kelurahan Mangundikaran Nganjuk telah dilaksanakan kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2018 yang mengambil tema “ Kendalikan Sampah Plastik, “ yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk dengan dimeriahkan kegiatan jalan santai.Jum’at(7/12/1)

Kegiatan ini di hadiri oleh Wakil Bupati Nganjuk, DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, S.E., S.H., M.M., MBA., Dandim 0810/Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo, S.H., M.M. Plt Kepala DLH Kabupaten Nganjuk Nur Solekan dan diikuti kurang lebih 200 orang peserta jalan santai dan para pejabat pemerintah Kabupaten Nganjuk.

Dalam amanatnya sebelum memberangkatkan peserta jalan santai, Wakil Bupati Nganjuk mengatakan, dalam mengatasi sampah kemasan plastik diperlukan kebijakan dan strategi yang tepat dan bersinergi antara perlindungan lingkungan hidup, dan meminta kepada masyarakat Nganjuk untuk peduli terhadap sampah plastik yang berada di lingkungan masing masing serta Wakil Bupati memberikan metode pengelolaan sampah plastik dengan cara 3 R yaitu Reuse yang berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya, Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah, Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

Dan perlu diketahui bahwa seluruh peserta jalan sehat dibekali kantong sampah dengan tujuan untuk megambil sampah plastik yang ditemui di sepanjang jalan yang dilalui pada acara jalan sehat tersebut.

Kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan lomba mewarnai yang bertemakan tentang lingkungan hidup.

Saat Media Center 0810 mengkonfirmasi komandan Kodim 0810/Nganjuk seusai acara, Letkol Kav Joko Wibowo, S.H., M.M. mengatakan, kegiatan ini besar manfaatnya terutama untuk mengingatkan kepada kita semua tentang arti pentingnya pengelolaan sampah plastik agar tidak menjadi sumber masalah bagi lingkungan serta nantinya juga dapat membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat yang mau mengelola sampah plastik.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU