Mengenal Sosok Annegret Kramp-Karrenbauer Calon Pengganti Angela Merkel

  • Fans AC/DC Calon Kanselir Jerman
  • Internasional
  • 09 Des 2018 | 01:12 WIB
  • Oleh CNN
  • Dilihat 100 kali
image
Ketua Partai Persatuan Kristen Demokratik Jerman (CDU), Annegret Kramp-Karrenbauer . (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

beritajowo.com / Jakarta -- Politikus Jerman Annegret Kramp-Karrenbauer terpilih menjadi Ketua Partai Persatuan Kristen Demokratik (CDU), menggantikan Angela Merkel. Dia dianggap sebagai penerus jejak sang kanselir karena gaya berpolitiknya hingga mendapat julukan 'Mini Merkel'.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (8/12), menurut para sejawatnya, persamaan Annegret dengan Merkel terlihat dari cara berpolitik. Dia lembut ketika menyampaikan pendapat tetapi bersikap pragmatis dan selalu menjadi penentu. Dia juga dikenal ulung dalam memberi jalan keluar setiap permasalahan.

Annegret lahir di Kota Volklingen, Saarland dekat perbatasan Prancis. Dia memang tertarik dengan ilmu politik dan mendalaminya di Universitas Trier pada 1984. Dia meraih gelar master politik dari Universitas Saarland enam tahun kemudian. Pada 1991 sampai 1998 dia bergabung dengan CDU hingga berhasil menduduki jabatan Menteri Negara Bagian Saarland. Kemudian didapuk menjadi sekretaris jenderal partai oleh Merkel.

"Saya sudah baca semua tulisan tentang saya. Saya akan menjadi diri sendiri seperti yang selama ini saya jalani, dan saya bangga dengan hal itu. Memimpin adalah persoalan bagaimana kita menjadikan diri sendiri kuat, ketimbang pandangan orang," kata Annegret.Ibu dari tiga anak itu sudah 18 tahun berkiprah di dunia politik Jerman, dan catatannya selalu mengilap. Pandangan politiknya konservatif.

Sang suami, Helmut Karrenbauer yang merupakan teknisi tambang memilih tinggal di rumah membesarkan ketiga anak mereka. Annegret dikenal jago berbahasa Prancis dan merupakan penggemar grup musik rock asal Australia, AC/DC.

Annegret meraup suara sebesar 51,75 persen. Dia mengungguli pesaing terdekatnya, Friedrich Merz yang meraih 48,25 persen pemilih.

Sedangkan kandidat ketiga yang juga Menteri Kesehatan, Jens Span (38) gugur dalam pemilihan putaran pertama. Penyebabnya adalah sebagian kalangan menganggap dia terlampau muda menduduki jabatan itu.

Annegret menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan para sejawat partai yang mempercayainya mengemban tugas itu. Namun, di sisi lain dia mengaku keberatan jika terus-terusan dianggap meniru jejak Merkel dalam dunia perpolitikan Jerman.


Annegret kemungkinan akan memimpin CDU menghadapi pemilihan federal, dan bisa menjadi salah satu kandidat yang dijagokan untuk menggantikan Merkel sebagai Kanselir Jerman.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU