Penurunan Angka Kemiskinan Melambat

  • rakor evaluasi penanggulangan kemiskinan
  • Regional
  • 07 Des 2018 | 06:51 WIB
  • Oleh sm.com
  • Dilihat 105 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / JEPARA - Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut angka kemiskinan di wilayah Kabupaten Jepara mengalami penurunan, namun penurunan berjalan lamban. Tahun ini angka penurunan tercatat 0,25 persen atau turun dari 8,35 persen (2016) menjadi 8,12 persen pada 2017.

Pada Rapat koordinasi (Rakor) dan evaluasi pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan Kabupaten Jepara, di Gedung Shima Kabupaten Jepara, Kamis (6/12), Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Mulyaji mengakui tren penurunan angka kemiskinan tersebut dengan catatan minor.

Selama lima tahun (2013-2017), penurunan angka hanya 1,11 persen atau hanya rata-rata 0,22 persen tiap tahun. Data BPS menyebutkan jumlah penduduk miskin pada 2013 tercatat 9,23 persen (106.900 jiwa) menjadi 8,12 persen (98.980 jiwa) pada 2017.

Rakor dihadiri Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Mulyaji, Kepala Bappeda Sujarot beserta Kabid Sosial dan Budaya Bappeda, Anik Susila ; serta guru besar Undip Semarang, Prof FX Sugiyanto.

Mulyadi menyebut dengan  keterbatasan anggaran daerah, Pemkab mampu menurunkan angka tersebut.  ‘’Tingkat kemiskinan Kabupaten Jepara menunjukkan kinerja baik, trennya cenderung menurun,’’ ujar Mulyaji.

Bahkan Kabupaten Jepara berada di urutan ketiga terbaik Jawa Tengah, setelah Kabupaten Kudus, dan Semarang. ‘’Dilihat posisi relatifnya, capaian persentase penduduk miskin Kabupaten Jepara lebih baik, dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Provinsi Jawa Tengah,’’ kata dia.

Ke depan, Pemkab optimistis terus menurunkan angka kemiskinan melalui penguatan program, dengan meningkatkan sinergitas dan pengelolaan program terpadu.

Sementara itu, Sujarot menyebut empat strategi untuk penanggulangan kemiskinan di Jepara. Yaitu, mengurangi beban pengeluaran (jaring pengaman sosial), meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin dan mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro dan kecil.

Selain itu mensinergikan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan. Dengan empat strategi ini, target 7,40 persen hingga 8,30 persen angka kemiskinan di Kabupaten Jepara dapat tercapai pada akhir periode RPJMD 2017-2022.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU