Undip Gandeng KPU Buka Konsentrasi Tata Kelola Pemilu

  • Nasional
  • 16 Sep 2018 | 12:51 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 103 kali
image
foto: istimewa

beritajowo.com / SEMARANG - Universitas Diponegoro (Undip) bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia dengan cara mencetak para penyelenggara pemilihan umum melalui pembukaan konsentrasi S2 Tata Kelola Pemilu yang diselenggarakan oleh UNDIP melalui Program Studi Magister Ilmu Politik (MIP) pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Pembukaan konsentrasi S2 Tata Kelola Pemilu melalui Program Studi Magister Ilmu Politik (MIP) di FISIP menunjukkan, UNDIP berkomitmen untuk ikut berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa melalui mekanisme pembelajaran politik bagi para pegawai penyelenggara pemilu baik yang ada di lingkungan KPU maupun Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH MH menegaskan, bahwa universitas yang dipimpinnya memiliki  kepedulian dan komitmen yang tinggi untuk meningkatkan kualitas demokrasi dan penyelengaraan ketatanegaraan yang ada di Indonesia.

“Melalui kerjasama dengan KPU RI merupakan komitmen nyata UNDIP dan KPU RI dalam menyiapkan tenaga-tenaga penyelenggara pemilu yang professional, berintegroitas dan bermartabat. UNDIP sebagai kampus rakyat siap menyumbang ilmu dan kepakarannya untuk meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia,” kata Prof Yos di Undip.

Penandatangan MoU antara UNDIP dan KPU RI, didorong tidak saja untuk bidang pendidikan dan pengajaran tetapi juga bidang-bidang lain yang penting untuk masa depan bangsa dan Negara RI adalah  bidang penelitian pemilu dan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan pendidikan politik dan demokrasi.

Ketua KPU RI  Arif Budiman SIP SS MBA menegaskan, bahwa kontribusi dan komitmen UNDIP untuk ikut mengembangkan SDM di KPU RI merupakan sumbangan yang luar biasa dari kalangan universitas dan para pakar yang ahli di bidangnya.

Program S2 Konsentrasi Tata Kelola Pemilu di UNDIP memiliki kekhususan yang ditujukan untuk meningkatkan kemahiran, keahlian dan profesionalisme penyelenggara pemilu khususnya yang berhubungan dengan tata kelola pemilu, tata kelola pengawasan dan tata kelola penyelesaian sengketa pemilu.

Ketua Prodi Magister Ilmu Politik FISIP UNDIP Dr Teguh Yuwono Mpol Admin dan Pakar Tata Kelola Pemilu Dr Nur Hidayat Sardini MSi menyambut positif dan gembira atas dibukanya  program S2 Tata Kelola pemilu yang ditujukan kepada seluruh staf/pegawai KPU/Bawaslu khususnya di Jawa Tengah untuk studi lanjut dengan beasiswa yang disedikan oleh KPU RI. 

Penandatanganan MoU ini ditutup dengan Kuliah Umum yang disampaikan oleh Ketua KPU RI Arief Budiman, “Profesionalisme KPU Sebagai  Penyelenggara Pemilu Untuk Peningkatan Kualitas Demokrasi Indonesia.” Audience yang hadir dalam Kuliah Umum ini adalah seluruh Ketua KPU dan Bawaslu di Jawa Tengah serta mahasiswa program sarjana Ilmu Pemerintahan dan pascasarjana di lingkungan FISIP UNDIP Semarang.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU