Sinarmas Land-Panasonic Kolaborasi Wujudkan Smart City 

  • Nasional
  • 16 Sep 2018 | 12:24 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 155 kali
image
foto: istimewa

beritajowo.com / JAKARTA - Sinar Mas Land, melalui anak perusahaannya PT. Puradelta Lestari, Tbk. (PDL) bersama dengan PT. Panasonic Homes Gobel Indonesia (PHGI), bekerjasama menciptakan hunian smart city SAVASA dengan teknologi modern di Kota Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi. Investasi yang digelontorkan dalam pembangunan tahap pertama ini mencapai Rp 360 miliar. 

President Director PT. Puradelta Lestari, Tbk (PDL) sekaligus CEO Commercial Sinar Mas Land Hongky Jeffry Nantung, menyatakan latar belakang kerjasama tersebut karena melihat perkembangan kawasan Cikarang dan sekitarnya yang cukup pesat. 

"Terutama dengan ditunjuknya Kota Deltamas secara resmi sebagai lokasi Cikarang Japanese School, memberikan keyakinan kepada kami pentingnya menyediakan perumahan yang berkualitas dengan standar Jepang di wilayah ini. Untuk mencapai itu semua, kami bekerjasama dengan Panasonic Homes, yang telah memiliki pengalaman luas dalam mengembangkan kota  pintar seperti Fujisawa SST yang sangat sukses di Jepang untuk membangun 37 hektar produk hunian premium di lahan kami. Sinar Mas Land selalu berkomitmen untuk terus berinovasi, menyediakan pilihan hunian terbaik dengan harga terjangkau bagi masyarakat Indonesia." ujarnya dalam peluncuran Marketing Gallery dan Show Unit SAVASA di Cikarang, Bekasi, Sabtu (14/9).

Kolaborasi dua perusahaan tersebut membentuk 

perusahaan joint venture bernama PT. PanaHome Deltamas Indonesia (PHDI) pada bulan November lalu, dan akan mengembangkan proyek hunian yang mencakup total area yang direncanakan seluas 37 hektar. Kedua perusahaan ini telah mengucurkan investasi sebesar Rp 360 milyar untuk pembelian dan pengembangan lahan di tahap pertama.

Adapun kepemilikan proyek dibagi sebesar 49% kepada PT. Puradelta Lestari, Tbk yang merupakan perusahaan publik di bawah Sinar Mas Land, Sojitz Corporation dan lainnya, dan 51% kepada Panasonic Group (Panasonic Homes). 

SAVASA township  mengusung konsep Smart Living dengan teknologi Jepang yang canggih dan visi yang futuristik untuk kehidupan Urban yang moden. Kota Pintar SAVASA akan dikembangkan berdasarkan 4 konsep dasar yakni Smart Township, Smart Security, Smart Home, dan Smart Community. SAVASA terletak di lokasi strategis di antara Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menghubungkan 2 kota besar yaitu Jakarta dan Bandung, dan berjarak 5 menit dari stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Stasiun Karawang. 

 

President Director PT PanaHome Deltamas Indonesia (PHDI), yang juga menjabat sebagai President Director PT Panasonic Homes Gobel Indonesia, Kauhiko Tanaka, menambahkan Panasonic Homes memiliki  54 tahun pengalaman dalam membangun lebih dari 490.000 rumah di Jepang. 

"Kami telah menerapkan teknologi perumahan kami di Taiwan, Malaysia dan sekarang di Indonesia. Kami percaya teknologi Wall-Precast Concrete(W-PC) kami yang khas dapat membantu memberikan solusi untuk backlog 13 juta rumah di Indonesia, karena kami dapat mempersingkat masa konstruksi setidaknya tiga bulan sambil mempertahankan kualitas yang terbaik. Bersama dengan Sinar Mas Land, kami bertujuan untuk mencapai pembangunan kota yang berkelanjutan yang mempertimbangkan kelestarian dan keselamatan lingkungan, serta menyediakan perumahan klaster berkualitas tinggi untuk masyarakat Indonesia, " paparnya. 

Tanaka mengaku smart City tersebut ditargetkan untuk pangsa pasar masyarakat Indonesia. Namun, tidak tertutup kemungkinan kawasan ini juga menyasar ekspatriat Jepang yang banyak bekerja di kawasan industri kota Deltamas. 

Dia menargetkan kawasan smart city SAVASA dapat terjual dalam empat sampai lima tahun ke depan. Pihaknya tetap optimis meski sektor prolerti di tanah air tengah lesu. 

"Kami selalu mencanangkan target jangka menengah dan panjang. Dengan pembangunan infrastruktur di Indonesia kami yakin ke depan perekonomian Indonesia akan lebih baik. Meski saat ini tidak terlalu baik, ke depan belum tentu begitu," ujar Tanaka. 

Pengembangan SAVASA akan dibagi dalam 3 tahap, dimana pengembangan tahap pertama akan dilakukan di area seluas 13 hektar. Pengembangan tahap pertama  terdiri dari 811 rumah dan 33 ruko yang akan terbagi ke dalam 4 klaster: Asa, Niwa, Hana, dan Yuta. Desain yang diterapkan menggabungkan unsur lingkungan hijau, kehidupan modern, fitur smart living, dan teknologi bangunan tahan gempa. SAVASA hadir dengan dua tipe rumah, yaitu Tipe A dan Tipe B. Tipe A, dengan luas tanah 66 m2 dan luas bangunan 64 m2, terdiri dari dua kamar tidur, sedangkan Tipe B, dengan luas tanah sebesar 84 m2 dan luas bangunan 80 m2, terdiri dari tiga kamar tidur. Kedua tipe tersebut juga dilengkapi dengan carport di setiap unit. Hunian ini juga dilengkapi dengan fasilitas publik seperti tempat pengisian daya telepon seluler dan laptop umum, delivery dropbox untuk menjaga keamanan klaster selama pengiriman barang, dan fitur keamanan pintar seperti kamera CCTV, sensor sinar inframerah, dan sistem kartu akses untuk para penghuni.

SAVASA merupakan terobosan inovasi terkini dalam menciptakan hunian secara ringkas, efisien tetapi memiliki konstruksi bangunan tahan gempa yang kokoh melalui teknologi POWERTECH Panasonic. Hunian ini juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti Panasonic Home Network System. Selain itu dilengkapi pula dengan sistem penyaring udara dan ventilasi PURETECH yang merupakan sebuah alat yang dapat menyaring97?bu, kotoran dan partikel berbahaya yang masuk ke dalam rumah. SAVASA Homes dirancang dengan sistem cross ventilation yang meningkatkan sirkulasi udara dan membuat rumah menjadi lebih sejuk dan sehat.

SAVASA adalah  pengembangan perumahan yang peduli terhadap lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan alokasi area yang didedikasikan untuk pertanian perkotaan di area cluster. Konsep SAVASA Smart Town juga ditingkatkan dengan kehadiran fitur bioswaledan tangki air  bawah tanah, yang berfungsi untuk menyimpan air hujan dan mencegah banjir. Tidak hanya itu, Savasa juga menerapkan teknologi ramah lingkungan seperti solar-farm terpusat yang dimaksudkan untuk memasok kebutuhan listrik pada penerangan lampu LED di jalan umum dan fasilitas umum di SAVASA. Rencana kami untuk membangun kota berkelanjutan menunjukkan komitmen kuat kami untuk pelestarian lingkungan dan keselamatan sehingga akan memberikan kehidupan berkualitas tinggi bagi para pekerja di kawasan industri dan keluarga yang memiliki anak-anak. Pada 2030, kita akan membangun kota dengan populasi sekitar 10.000 yang tinggal di sekitar 2.500 unit rumah.

"Mengantisipasi kebutuhan masyarakat akan hunian yang berkualitas namun ramah lingkungan, bersama dengan Panasonic Homes, kami berencana untuk menawarkan klaster perumahan SAVASA dengan harga awal sebesar Rp. 978.000.000 dan NUP sebesar Rp. 5.000.000," kata Hongky. 

Adapun untuk rumah tipe B dengan luas tanah 84 meter persegi harga dibuka mulai Rp 1.2 miliar. 

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU