Tak Ada Tempat untuk LGBT di Karnaval Pembangunan dan Seni Budaya Bumiayu

  • Regional
  • 21 Agu 2018 | 05:42 WIB
  • Oleh sm.com
  • Dilihat 108 kali
image
foto: istimewa

beritajowo.com / BREBES - Lomba batik karnival dan seni kentongan bakal meramaikan Karnaval Pembangunan dan Seni Budaya tingkat Kecamatan Bumiayu dalam rangkaian perayaan Agustusan pada Sabtu, 25 Agustus mendatang. Namun, Ketua Panitia Karnaval Pembangunan dan Seni Budaya Kecamatan Bumiayu Iwan Effendi, mewanti-wanti peserta karnaval mematuhi tata tertib pelaksanaan karnaval. Salah satu di antaranya larangan kampanye Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT).

Larangan tersebut, kata Iwan, didasarkan pada pengalaman tahun sebelumnya serta masukan-masukan dari tokoh agama, masyarakat dan ormas kemasyarakatan dan kepemudaan. "Tahun lalu kita kecolongan sehingga panitia banjir kritik. Tentunya itu menjadi bahan evaluasi kita agar penyelenggaraan tahun ini lebih baik," katanya.

Iwan meminta seluruh peserta dapat mematuhi ketentuan. ‘’Jika ada peserta yang membandel, maka panitia akan membubarkannya secara paksa,’’ ujarnya.

Lomba Batik

Tahun ini Iwan mengatakan, lomba batik carnival dan seni kentongan merupakan agenda panitia HUT Ke-73 RI tingkat kabupaten Brebes yang pelaksanaannya disatukan dalam event karnaval Bumiayu. "Dengan demikian bisa dipastikan karnaval tahun ini akan lebih semarak," kata Iwan, dalam rapat pleno persiapan karnaval pembangunan dan seni budaya tingkat kecamatan Bumiayu, Minggu (19/8) malam.

Hingga saat ini sudah ada lebih dari 50 peserta karnaval yang mendaftar. Mereka berasal dari sejumlah SD/MI,SMP/MTs, SMA/SMK/MA, instansi dan masyarakat umum. Jumlah tersebut dipastikan bertambah mengingat pendaftaran baru akan ditutup sehari menjelang pelaksanaan.

Karnaval akan mengambil start dari Lapangan Asri, menyusuri Jalan Diponegoro (Kota Bumiayu) dan finish di Lapangan Muncang Jatisawit. "Bupati Brebes Idza Priyanti bersama rombongan akan menyaksikan langsung dari panggung kehormatan," tandasnya.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU