Kopdar Santrinet Nusantara Bahas Moderasi Islam

  • Nasional
  • 13 Agu 2018 | 09:03 WIB
  • Oleh Ig
  • Dilihat 90 kali
image
foto: istimewa

beritajowo.com / JAKARTA - Ratusan santri  se-Indonesia yang aktif mengelola internet, kemarin mengikuti Kopi Darat (Kopdar) Akbar Santrinet Nusantara. Para admin media sosial santri atau pesantren akan membincang strategi gerakan pengarusutamaan moderasi Islam, sekaligus meramaikan jagat dunia maya dengan konten-konten yang positif

Rangkaian kegiatan hari santri lainnya yaitu Menteri Agama bersama Ulil Abshar Abdalla dan salah satu budayawan akan mengisi acara PesanTrend dalam balutan Kopdar Ngaji Ihya’ pada awal September di Jakarta. 

Menurut Menag, Kopdar akan lebih berwarna lantaran diselenggarakan di luar pesantren dan membincang seputar moderasi Islam, gerakan cinta damai, anti hoaks dan ujaran kebencian menurut kitab kuning.

Pada 1-7 Oktober, akan berlangsung Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayuti-Musa, Muaro Jambi. ''Kegiatan merupakan ajang mengembangkan potensi santri melalui sinergi pendidikan moral dan akhlak, dengan metode interaktif dan dinamis berbasis keterampilan dalam gerakan pramuka santri dari seluruh Indonesia,'' katanya.

Sedangkan Pada malam puncak Hari Santri 2018 yang bertajuk “Santri Versary” rencananya akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Acara ini akan diisi renungan Hari Santri 2018 bersama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, tausiyah kebangsaan oleh Habib Jindan bin Novel bin Jindan, dan disemarakkan oleh penampilan Sabyan Gambus dan orkestra santri, di Bandung. 

Sebelumnya, pada 29 Juli telah dibuka pendaftaran Santri Millennial Competitions yang berisi lomba Kontes Desain Meme, Festival Film Pendek tentang Moderasi Islam, dan Video Lalaran Nadham Alfiyyah. Pendaftaran dan pengiriman karya ditutup sampai 28 September. Panitia menyediakan hadiah mencapai 259 juta bagi para pemenang untuk kategori santri dan umum. 

Mengenai rincian ketentuan, persyaratan, formulir, dan hadiah perlombaan, para calon peserta dapat mengunduhnya di link bit.ly/santrimillennialcompetitions2018. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 10 Oktober 2018 melalui website www.ditpdpontren.kemenag.go.id, akun media sosial Ditpdpontren serta akan dihubungi langsung via telepon

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU