Yogyakarta Tuan Rumah Muktamar Pemikiran Santri

  • Nasional
  • 13 Agu 2018 | 08:50 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 63 kali
image
foto: istimewa

beritajowo.com / JAKARTA - Kementerian Agama menyiapkan serangkaian kegiatan dalam rangka Hari Santri 2018. Yogyakarta tahun ini akan menjadi tuan rumah Muktamar Pemikiran Santri Nusantara yang diselenggarakan melalui metode call paper pada 10-12 Oktober. 

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dalam konferensi pers melaunching tema, logo dan rangkaian kegiatan Hari Santri 2018 di kantor Lapangan Banteng Jakarta, Sabtu (11/8)  menjelaskan,  tema kajian meliputi pesantren dan moderasi beragama, pesantren dan gerakan perempuan, pesantren dan kebudayaan serta revitalisasi keilmuan pesantren.  

Berbarengan Muktamar Pemikiran Santri Nusantara juga akan digelar Malam Kebudayaan yang akan menampilkan kesenian santri, pembacaan puisi kiai, nyai, santri dan budayawan, lalu akan dibuka juga Pameran Karya Pesantren dan Pegon Exibition yang berisi pameran kitab-kitab berbahasa lokal yang dikarang oleh ulama nusantara. 

Dalam bidang ekonomi, digelar pula Pesantren Business Challenge sebagai ajang eksplorasi penguatan ekonomi Pesantren. Pihak Kemenag akan memberikan bantuan lifeskill kepada pesantren yang lolos seleksi dan kompetisi yang diadakan pada kisaran September sampai Oktober.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU