Hand Sanitizer dari Rumput Laut Made In Tim KKN Tanirama Undip

  • Regional
  • 13 Agu 2018 | 08:35 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 59 kali
image
foto: istimewa

beritajowo.com / Pemalang - Tim KKN Tanirama Universitas Diponegoro menciptakan inovasi terbaru untuk mengolah rumput laut menjadi produk pembersih tangan (hand sanitizer). 

Alaik Farhan Ketua kelompok KKN Tanirama Undip 2018 mengatakan hand sanitizer sudah di uji laboratorium untuk mengetahui keefektifan hand sanitizer rumput laut dalam membunuh kuman. 

Hasil uji membuktikan bahwa produk hand sanitizer dengan konsentrasi rumput laut 40ml/liter dapat membunuh kuman hingga 88,33%, sedangkan untuk produk pembandingnya yang menggunakan alkohol 70% hanya dapat membunuh kuman 75,13%.

Selain menggunakan ekstraksi rumput laut, bahan yang digunakan untuk pembuatan hand sanitizer ini adalah aloe vera, dan vitamin E agar memberikan efek lembut ditangan. 

"produk ini bahkan lebih efektif untuk membunuh kuman daripada produk hand sanitizer lainnya yang menggunakan alkohol," katanya, Minggu (12/8).

Menurutnya rumput laut yang biasanya dikonsumsi untuk pangan, dapat ditingkatkan nilai jualnya melalui pengolahan hand sanitizer. Sambac hand sanitizer merupakan produk Desa Kaliprau, Kecamatan Ulujami, Pemalang yang juga memanfaatkan melati desa setempat untuk memberikan aroma wangi.

Produk sambac pembersih tangan ini dijual lebih terjangkau dengan harga Rp 12.000 untuk tiap botolnya yang berisi 45 ml. Hand Sanitizer rumput laut dapat digunakan sebagai solusi pembersih tangan bagi orang-orang yang memang alergi atau tidak cocok terhadap alkohol.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU