Jelajah Sepeda Nusantara 2018 Lintasi Bonebol

  • Nasional
  • 13 Agu 2018 | 07:26 WIB
  • Oleh sm.com
  • Dilihat 88 kali
image
foto: istimewa

beritajowo.com / BONE BOLANGO - Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo, menjadi salah satu kota yang dilintasi tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018. Masyarakat setempat menyambut antusias gelaran yang diinisiasi Kemenpora tersebut.

Buktinya, animo warga yang mengikuti program ini cukup banyak. Bahkan bisa dibilang melebihi target peserta. Semula, panitia hanya menarget sekitar 1.000 orang yang akan gowes bersama tim Jelajah Sepeda Nusantara. Namun, saat hari pelaksanaan, Minggu (12/8), jumlahnya lebih banyak dua kali lipat.

Mereka menyusuri jalanan kota Bonebol sepanjang 20 kilometer mulai dari Lapangan IPPOT, melewati pinggiran Danau Perintis hingga finis di Centre Point. Centre point merupakan miniatur gapura Arc de Triomphe (Gapura Kemenangan) di Kota Paris. Bentuknya mirip.

Bupati Bonebol Hamim Pou berharap daerahnya bisa menjadi tuan rumah Sepeda Nusantara lagi pada tahun depan. Dia bahkan berani menyiapkan 5.000 warga untuk meramaikan program unggulan Kemenpora di bawah payung Ayo Olahraga ini. "Kami ingin ditunjuk kembali jadi tuan rumah pada tahun depan. Kalau sekarang targetnya 1.000, lalu yang datang 2.000, maka tahun depan InsyaAllah bisa 5.000 orang," kata Hamim.

Ditunjuknya Bonebol juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan potensi wisata daerah setempat. Di kota yang pernah disinggahi Presiden RI B.J. Habibie tersebut, terdapat beberapa tempat wisata yang layak untuk dikunjungi, antara lain Danau Perintis, pemandian air panas Lombongo, Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dan kemunculan hiu paus di Perairan Botubarani.

"Legenda pariwisata alam Gorontalo ada di sini. Di Taman Nasional ada satwa, ada burung maleo, anoa dan babi rusa. Jadi Sepeda Nusantara yang digagas Kemenpora ini selain untuk olahraga rekreasi, juga mengenalkan daerah lain mengenai kebudayaannya, keanekaragaman dan bisa meningkatkan persaudaraan," ungkap Hamim yang juga mantan wartawan ini.

Asisten Deputi III Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kemenpora Teguh Raharjo mengatakan, kegiatan Sepeda Nusantara ini digelar untuk mengajak masyarakat di berbagai kota di Indonesia untuk mau bergerak dengan cara bersepeda. Dengan demikian, masyarakat akan sehat dan bugar, sehingga kualitas hidupnya akan lebih baik. "Kalau kualitas hidup baik, maka kualitas kerja juga baik. Karena itu, mari kita tingkatkan kebugaran ini," kata Teguh.

Pihaknya juga berharap masyarakat akan antusias bersepeda menuju kantor masing-masing. Bahkan, pemerintah sudah memberikan contoh yang diikuti Menpora Imam Nahrawi, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menhub Budi Karya Sumadi, Menkes Nila Moeloek dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno pada pekan lalu, menyusuri jalanan Ibu Kota dari PTIK menuju Monas. "Kami sudah memulainya. Harapan kami, setelah ini ada lagi," tutur Teguh, pria asal Wonosobo ini.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU