Tak Hanya Negeri, Sekolah Swasta Juga Akan Gratis

  • Regional
  • 08 Nov 2017 | 04:28 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 65 kali
image
Foto:istimewa

SEMARANG, bejo.com -?Walikota Semarang Hendar Prihadi?menyatakan program sekolah gratis tidak hanya diberlakukan bagi siswa dan siswi yang duduk di bangku SD mau pun SMP negeri di Kota Semarang. Namun, ke depan harus bisa diterapkan sekolah gratis untuk siswa siswi yang duduk di bangku SD sampai SMP di sekolah swasta.

"Jadi intinya ini tak hanya sekolah negeri saja diberi kesempatan gratis. Tapi anggaran kita siapkan di Dinas Pendidikan kita alokasikan di sekolah swasta. Apakah itu membuat mereka gratis atau tidak? Belum tentu karena standarisasi dari pengelolaan swasta ini bermacam-macam," imbuhnya.

Hendi berharap, meski pun akan direncanakan tahun depan, pada akhir tahun 2017 ini akan ada sekolah swasta yang menggratiskan kepada siswanya yang tidak mampu untuk bersekolah dan mengenyam pendidikan yang layak.

"Harapan kami, lewat anggaran akan diluncurkan ke sekolah-sekolah swasta, beberapa sekolah akan menggratiskan siswanya. Tapi mudah-mudahan tahun ini ada sekolah swasta yang bisa menggratiskan," harapnya.

Hendi menjelaskan, program SD sampai SMP gratis ini me rupakan salah satu realisasi program prioritas Pemkot Semarang dan program Pemerintah Pusat yaitu mengutamakan program kesehatan dan pendidikan.

"Pasti harapanya begitu (Semarang Zero anak tidak sekolah) ya karena saya rasa dua hal yang mendasar di Kota Semarang dan di Indonesia adalah persoalan kesehatan dan pendidikan. Orang sehat kemudian dia bisa memperoleh pendidikan yang layak, dia akan mempunyai kesempatan untuk berkembang, lancar dan sukses," jelasnya.

Hendi menambahkan, setelah warga Kota Semarang bisa sehat semua dengan program Universal Health Coverage (UHC) dalam program pelayanan kesehatan gratis, warga Kota Semarang bisa menikmati pendidikan.

Sehingga di Kota Semarang diharapkan tidak ada lagi warganya yang tidak bisa menikmati pendidikan yang layak.

"Jadi, setelah kesehatan kita sentuh, saya juga minta Pak Bun untuk menyentuh sektor pendidikan. Hari ini piye carane tidak ada anak di Kota Semarang yang tidak bisa sekolah karena persoalan biaya. jadi, semuanya sudah mulai dari Dinas Pendidikan dan Insya Allah dari tahun ke tahun akan kita sempurnakan," pungkasnya.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU