Banyak Warga Belum Dapat E-KTP

  • Regional
  • 31 Okt 2017 | 08:21 WIB
  • Oleh bejo25
  • Dilihat 55 kali
image
foto. (istimewa)

Beritajowo.com - Warga Kota Semarang mempertanyakan proses pencetakan e-KTP di wilayahnya. Sebab, sudah satu tahun lebih , masih ada warga yang belum memperoleh e-KTP.

Mereka yang belum mendapat e-KTP, diberikan identitas berupa Surat Keterangan yang bersifat sementara oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Semarang.

Salah seorang warga, Nur (18) mengatakan, legalitas surat keterangan tidak kuat dalam proses administrasi kampus.

Calon mahasiswi tersebut kesulitan memperoleh Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dari kampus. Alasannya, legalitas tidak kuat, seperti e-KTP.

"Pihak kampus menolak berkas yang saya ajukan karena memakai surat keterangan sementara tersebut," kata perempuan ini.

Surat keterangan pengganti e-KTP itu, bersifat sementara hingga menunggu blangko.Tidak hanya itu,memiliki suket (surat keterangan) cukup merepotkan. Warga harus memperpanjang masa berlaku suket setiap enam bulan sekali di kantor Kecamatan atau ke kantor Dispendukcapil

Berbeda dengan keterangan Nur,warga lain Endro (26) mengatakan bahwa suket bisa digunakan untuk keperluan perbankan, imigrasi, kepolisian, asuransi, dan pelayanan publik lainnya.Dirinya mengaku sudah dapat menggunakan suket itu dalam keperluannya menjadi nasabah bank.

Namun dia tetap berharap Pemerintah Kota Semarang mempercepat proses pencetakan e-KTP.

Dari Kementerian Dalam Negeri sendiri mulai mendistribusikan blangko e-KTP ke berbagai daerah, tak terkecuali Kota Semarang.

Namun, jumlah kartu yang dikirim baru 10.000 lembar dari kebutuhan sebanyak 120 ribu.Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Semarang, Mardiyanto, menyatakan instansinya sudah mencetak 2.500 lembar e-KTP.Namun didahulukan warga yang mempunyai database warga yang melakukan perekaman sejak Agustus 2016.Warga yang sudah melakukan perekaman tak perlu datang ke kantor Dispendukcapil.

Kabar kedatangan blangko e-KTP disambut baik warga.Warga berharap segera menerima kartu identitas tersebut.

img
BeJo@17
EDITOR