Ratusan Warga Hadiri Haul ke-48 Bung Karno

  • Nasional
  • 21 Jun 2018 | 11:35 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 153 kali
image
Foto: Istimewa

beritajowo.com / blitar - Ratusan Warga Kota Blitar, Jawa Timur, berbondong-bondong datang ke lokasi haul ke-48 Bung Karno di Jalan Ir Soekarno, Kota Blitar, Rabu (20/6/2018). Sebagian mereka membawa tumpeng sebagai bentuk partisipasi di acara tersebut.

Elyn, warga kecamatan kota, mengaku setiap tahun berpartisipasi menyumbang satu tumpeng di acara haul Bung Karno.

"Saya senang bisa terus berpartisipasi, semoga nama besar Bung Karno menjadi berkah bagi warga Blitar," katanya, Rabu (20/6/2018).

Hingga Rabu sore, lokasi kenduri di sepanjang Jalan Ir Soekarno Kota Blitar sudah dipenuhi warga. Mereka mengitari tumpeng-tumpeng yang sudah ditata oleh panitia penyelenggara.

Beberapa tumpeng juga disiapkan panitia di atas panggung utama. Tumpeng-tumpeng itu disediakan khusus untuk rombongan tamu khusus dari kalangan keluarga Bung Karno dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman mengatakan, panitia tidak membatasi tumpeng-tumpeng sumbangan warga. Karena itu, seperti tahun-tahun sebelumnya, tumpeng sumbangan warga tidak hanya memenuhi Jalan Ir Soekarno, namun juga sampai menutup jalan Panglima Sudirman dan Sultan Agung Kota Blitar.

"Karena itu kami menyebut acara ini Kenduri 1.001 Tumpeng Haul Bung Karno," ujarnya.

Selain swadaya dari warga Kota Blitar, tumpeng-tumpeng juga disumbang organisasi perangkat daerah, BUMN dan berbagai lembaga di Kota Blitar.

"Tahun ini sepertinya lebih semarak, karena Ibu Megawati akan hadir di tengah acara kenduri," ucapnya.

Selain akan diisi dengan sambutan dari pihak keluarga dan tamu undangan, acara kenduri juga akan diisi dengan pembacaan tahlil dan doa bersama. 

Sejumlah tamu penting dijadwalkan akan hadir dalam acara kenduri haul Bung Karno ke-48, selain Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan keluarganya, juga akan hadir petinggi PDIP, sejumlah kiai NU terutama Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan pasangan Cagub dan Cawagub Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno.

img
BeJo@21
EDITOR

KABAR TERBARU