Trump Menggandeng Jepang Menghadapi Kim Jong Un

  • Internasional
  • 07 Nov 2017 | 08:53 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 109 kali
image
foto. (istimewa)

Tokyo,?beritajowo.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump bertemu dengan Presiden Jepang Shinzo Abe di Tokyo Senin 6 November 2017. Pertemuan itu? bagian dari lawatan kenegaraan Trump ke Asia Pasifik, yang dimulai sejak 5 November kemarin.

Dalam pertemuan itu, salah satu topik yang di bicarakan adalah mengenai isu Korea Utara.

Beberapa bulan terakhir, Korea Utara telah berulang kali melakukan uji coba peluncuran rudal meski dilarang berdasarkan peraturan PBB.

Yang terbaru, peluncuran Hwasong-12, dilakukan pada hari Selasa waktu Korea, dari sebuah lokasi dekat Pyongyang.

Rudal tersebut menempuh jarak sekitar 2.700 km dengan ketinggian yang cukup rendah, melintasi Hokkaido sebelum menghujam ke laut sekitar 1.180km dari pantai timur Jepang.

Bahkan Jepang mengirimkan peringatan kepada warga Hokkaido untuk berlindung. Abe saat itu menyebutnya sebagai ancaman serius dan sangat berbahaya yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Abe, pada jumpa pers dengan Trump di istana Akasaka di Tokyo, mengatakan, "Tidak ada gunanya berdialog dengan Korea Utara dan sudah tiba waktunya untuk menerapkan tekanan maksimum terhadap Pyongyang."

Pada pertemuan hari kedua, Abe dan Trump memastikan bahwa Korea Utara telah menjadi topik yang dominan dalam pembicaraan mereka.

Trump menyebut usaha Pyongyang untuk dapat memasang hulu ledak nuklir pada misil balistik antar-benua merupakan ancaman terhadap dunia yang beradab dan perdamaian serta kestabilan internasional.

Walau sempat melontarkan pernyataan agresif, Trump justru diam ketika seorang wartawan Jepang bertanya kepadanya, mengenai kesediaan sang presiden untuk menetapkan kebijakan perang dengan Korut.

AS berkomitmen untuk membantu Jepang memperkuat pertahanannya. Mereka akan membicarakan tentang kerja sama cyber, terutama mengingat beberapa provokasi Korea Utara di dunia siber. Tidak hanya di rudal dan perangkat nuklir, tapi juga di dunia maya. AS dan Jepang memperketat kerja sama mereka untuk menghadapi ancaman semacam itu.

Selain membahas Korea Utara, kedua pemimpin itu juga akan membahas tentang kerja sama trilateral antara Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat di bidang-bidang seperti perang anti-kapal selam dan pertahanan rudal balistik.

img
BeJo@25
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU