Ditemukan Planet Raksasa Yang Lebih Besar Dari Bintangnya

image
(Foto: istimewa)

beritajowo.com - Para astronom baru-baru ini menemukan sebuah planet baru berukuran raksasa yang dinamakan NGTS-1b. Besarnya planet itu melebihi ukuran dari matahari atau bintang yang ia kelilingi.

Planet itu berjarak sekitar 600 juta tahun cahaya dari Bumi, dan merupakan planet besar karena ukurannya melebihi dari bintangnya sendiri. Sedangkan bintangnya berukuran setengah dari matahari yang di orbit Bumi dan tujuh planet lainnya.

Penulis utama penelitian ini, Dr. Daniel Bayliss dari Universitas Astronomi dan Astrofisika Universitas Warwick, mengatakan "Penemuan NGTS-1b sangat mengejutkan kami. Planet seperti itu diperkirakan tidak ada karena ia mengitari bintang kecil. Ini adalah planet ekstrasurya pertama yang kami temukan dengan fasilitas NGTS baru kami."

Loading...
Composite End --> p>

NGTS adalah survei fotometrik lapangan yang dirancang untuk menemukan transit planet-planet ekstrasurya. NGTS menggunakan serangkaian teleskop robotik kecil, sehingga memaksimalkan kepekaan terhadap bintang yang terang tapi relatif kecil dan sejuk.

Profesor Peter Wheatley, melanjutkan "NGTS-1b sulit ditemukan, planet ini berukuran monster tetapi ukuran bintang induknya sangat kecil. Bintang-bintang kecil sebenarnya hal biasa di alam semesta, jadi mungkin saja ada banyak planet raksasa ini yang menunggu untuk ditemukan."

"Setelah bekerja selama hampir satu dekade untuk mengembangkan rangkaian teleskop NGTS, sangat menyenangkan ia menemukan planet baru dan tak terduga. Saya tak sabar untuk melihat jenis planet baru yang menarik lainnya,"?tambah?Profesor Peter Wheatley.

img
BeJo@23
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU