Unika Soegijapranata Perkenalan 'Vanika' Robot Virtual Asisten Aktif 24 Jam

  • Regional
  • 04 Mei 2018 | 21:25 WIB
  • Oleh trb.com
  • Dilihat 430 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / semarang - Unika Soegijapranata Semarang kembali berinovasi guna menjawab berbagai kebutuhan civitas akademika maupun masyarakat terhadap informasi apapun, khususnya para calon mahasiswa baru yang berkeinginan kuliah di kampus tersebut.

?Kami kenalkan Vanika. Dia adalah virtual asisten kami di kampus ini. Mau mencobanya, silakan akses Vanika melalui aplikasi LINE. Gratis tanpa dipungut biaya,? ucap Rektor Unika Soegijapranata Semarang Prof Dr Ridwan Sanjaya, Jumat (4/5/2018).

Awal mula teknologi tersebut hadir yakni melihat perkembangan kebutuhan masyarakat, khususnya generasi muda yang hendak masuk ke Unika Soegijapranata. ?Kami pantau-pantau, mereka justru mengaksesnya antara pukul 21.00 hingga dini hari. Tentunya, ketika mereka mengakses website ataupun sosial media resmi kami dan mengajukan beberapa pertanyaan, cukup lama menjawabnya,? jelasnya.

Hal itu, menurutnya dikarenakan staf bagian komunikasi tersebut sudah tidak berada di dalam lingkungan kampus atau sedang tidak membuka aplikasi sosial media tersebut.

?Padahal, notabene mereka butuh jawaban secara cepat atau saat itu juga. Karena itu, kami coba lakukan inovasi tersebut. Dari teknologi yang sudah kami miliki kemudian kembangkan. Jadilah Vanika itu,? bebernya.

Ridwan mengutarakan, virtual asisten tersebut merupakan kolaborasi antara perangkat lunak yang kemudian dihubungkan dengan kecerdasan intelligence. Dari berbagai pertanyaan yang masuk, akan secara cepat atau realtime dijawab oleh mesin robot tersebut.

?Bahkan, bisa secara langsung berinteraksi ?chatting--. Bisa akses selama 24 jam dalam sehari. Dan kami yakini, melalui Vanika tersebut, bisa semakin membantu masyarakat maupun civitas akademika Unika Soegijapranata Semarang dalam bertanya apapun terkait kampus ini,? tandasnya.

Secara berkelanjutan pula, bebernya, mesin robot tersebut akan senantiasa diasah dan diajari. Dari sekadar sebagai mesin learning, ke depannya berkembang menjadi deep learning.

?Makin lama, Vanika akan semakin cerdas. Sejak virtual asisten tersebut kami perkenalkan pada akhir April 2018 lalu saat ini sudah ada sekitar 166 orang yang telah masuk atau mengaksesnya,? paparnya.

Dia menandaskan, melalui Vanika tersebut, baik langsung ataupun tidak langsung menjadi pembuktian diri apabila Unika Soegijapranata yang berada di Jalan Pawiyatan Luhur IV Nomor 1 Bendan Dhuwur Kota Semarang itu siap menuju serta menyambut Revolusi Industri 4.0 atau era disruptif seperti sekarang.

?Kami akan senantiasa mengembangkan teknologi apapun. Namun tentunya akan kami sesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhannya. Ini sedang kami persiapkan juga untuk Vanika dapat melayani kebutuhan layanan keuangan, administrasi, hingga lowongan pekerjaan,? jelasnya.

Kepala Humas Unika Soegijapranata Semarang F Yuwono Agus menambahkan, pada virtual asisten bernama Vanika itu, ada beberapa kolom pilihan selain chatting langsung. Yakni seperti pencarian informasi seputar lokasi Unika Soegijapranata Semarang.

?Admin, Menu, ataupun khusus terkait penerimaan mahasiswa baru (PMB). Di tampilan Menu, ada informasi terkait perkuliahan, pendaftaran, hingga hotline service,? katanya.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU