Tebing Galian C di Kejajar Wonosobo Longsor, 1 Warga Tewas

  • Regional
  • 04 Mei 2018 | 18:55 WIB
  • Oleh trb.com
  • Dilihat 202 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / yogyakarta - Dua penambang di area galian C Desa Tambi Kecamatan Kejajar Wonosobo dilaporkan tertimbun material galian, Jumat (4/5). Kejadian nahas itu terjadi menjelang salat Jumat, sekitar pukul 11.30 Wib. Slamet Nurrohman (56) dan Bawon Haryadi, warga dusun Tegalrejo Desa Tambi Kejajar waktu itu masih berada di lokasi kerja.

Kegiatan salat Jumat segera dimulai. Tetapi Slamet Nurohman belum juga pulang ke rumah untuk mempersiapkan diri menuju masjid. Sri Rahayu, istri Slamet memutuskan menjemput suaminya di lokasi kerja agar menghentikan pekerjaannya. Waktu salat Jumat sudah mepet.

Sesampai di lokasi, ia terkejut karena tak melihat wujud suaminya. Tidak ada kegiatan penambangan. Seluruh pekerjaan telah terhenti dan hanya menyisakan sepi.

Di lain sisi, matanya justru disuguhkan pemandangan mengerikan. Tebing tempat suaminya bekerja telah longsor hingga menimbulkan timbunan yang meninggi.

Firasatnya mulai tidak enak, karena di saat sama, suaminya tak menampakkan diri. Ia pun lekas menceritakan kejadian tersebut ke warga untuk mencari keberadaan suaminya yang masih misteri.

"Selanjutnya warga mendatangi lokasi untuk melakukan evakuasi,"kata Humas Polres Wonosobo, Bripka Nanang Dwi Putro Wibowo

Warga Desa Tambi berupaya mencari keberadaan dua penambang itu yang dimungkinkan ikut tertimbun material longsoran. Warga melakukan evakuasi dengan cara manual, memakai peralatan tradisional.

Satu persatu batu longsoran diangkat. Tanah timbunan terus digali agar keberadaan kedua korban tersingkap.

Hingga sore ini, proses pencarian oleh petugas dan relawan akhirnya berbuah hasil. Korban bernama Bawon Haryadi (57) ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

"Penemuan korban pertama dalam posisi berdiri (mau naik ke atas). Karena lokasinya di lubangan setinggi sekira 3 meter,"katanya

Namun hari telah beranjak petang. Tim gabungan masih berkoordinasi terkait kelanjutan proses pencarian korban kedua, Slamet Nurrohman yang rencananya akan memakai alat berat.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU