Gunung Berapi Kilauea di Hawaii Meletus, Puluhan Ribu Warga Mengungsi

  • Internasional
  • 04 Mei 2018 | 18:42 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 108 kali
image
Foto: Reuters

beritajowo.com // Hawaii - Meletusnya gunung Kilauea pada Kamis (4/5) waktu setempat, mengharuskan otoritas pemerintah mengeluarkan perintah evakuasi di Leilani Estates di timur pulau.

Lebih dari 10.000 warga diminta mengungsi dari rumah di Big Island, Hawaii, setelah lahar menyembur lebih dari 30 meter di udara hingga mendekati beberapa rumah warga.

?Departemen Pekerjaan Publik melaporkan semburan lahar dan awan panas dari celah di Leilani Subdivision di kawasan Mohala Street,? papar pernyataan Badan Pertahanan Sipil Hawaii di akun Facebooknya.

Pejabat US Geological Survey (USGS) di unit Pemantau Gunung Berapi Hawaii turun ke lapangan dan menuju wilayah udara untuk menilai kondisi letusan yang terjadi sekitar pukul 4.45 sore waktu lokal.

Pada pukul 10.30 pagi gempa bumi berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) mengguncang selatan kubah lahar Puu Oo hingga memicu longsoran batu dan berpotensi runtuh ke kawah di gunung berapi itu.

?Letusan awan dan debu panas melayang ke langit dan terus menghilang saat berhembus ke baratdaya dari Puu Oo. Semua orang di arah angin itu mungkin mengalami hujan debu,? papar pernyataan USGS.

Otoritas menjelaskan, risiko akibat letusan yang sedang terjadi adalah potensi peningkatan gas sulfur dioksida di kawasan itu serta letusan metan yang dapat melontarkan batu besar di wilayah sekitar.

Gubernur David Ige telah mengaktifkan tentara Garda Nasional Hawaii dan meminta warga menaati peringatan dari Badan Pertahanan Sipil. ?Tolong waspada dan bersiap untuk menjaga keamanan keluarga Anda,? tweet Ige.

Pusat komunitas lokal juga dibuka bagi warga yang mengungsi.

img
BeJo@23
EDITOR

KABAR TERBARU