Infak Pegawai, Kanwil Kemenag Aceh Bedah Rumah Nek Sainah

  • Nasional
  • 04 Mei 2018 | 15:39 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 213 kali
image
foto: beritajowo.com/dok

beritajowo.com / Aceh Tamiang --- Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh Daud Pakeh menyerahkan kunci rumah Nek Sainah (60) yang telah selesai dibedah. Nek Sainah merupakan warga Desa Paya Rahat, Kecamatan Banda Mulia, Kabupaten Aceh Tamiang.

Kunci rumah ini diserahkan kepada Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Aceh Tamiang, Rudiyanto, untuk selanjutnya diserahkan kepada Nek Sainah. Sementara untuk sertifikat rumah, langsung diserahkan oleh Daud Pakeh kepada Nek Sainah.

?Pak Kanwil Kemenag sudah sangat peduli dengan kita, maka sebagai anak kita harus lebih sayang lagi pada orang tua,? kata Rudiyanto di Aceh, Kamis (03/05). Ikut hadir, unsur pemerintahan, serta datok, ulama, dan warga setempat.

Penyerahan kunci rumah tersebut sekaligus menandai selesainya program bedah rumah di Kabupaten Aceh Tamiang. Program ini dibiayai dengan dana infak pegawai Kantor Kementerian Agama. Rumah Nek Sainah dibangun semi permanen dengan tipe 48 dalam waktu satu bulan dengan biaya Rp40 juta.

?Pembangunan rumah Ibu Sainah pada mulanya hanya akan dilakukan rehab, tetapi setelah dibongkar bangunannya sudah tidak layak, akhirnya kita ambil kesimpulan untuk membangun baru dengan bentuk semi permanen tipe 48,? kata Daud Pakeh.

Loading...
Composite End --> aceh_2.jpg" xss=removed>

Menurut Daud Pakeh, program bedah rumah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial keluarga besar Kanwil Kemenag Provinsi Aceh. Selain dari Kemenag, program ini juga bisa dilakukan elemen masyarakat lainnya di Aceh Tamiang. Dia berharap, ke depan dana infak yang terkumpul bukan hanya untuk membangun satu unit rumah, tapi lebih banyak lagi.

?Tidak bisa kita pungkiri, bahwa masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan untuk mendapatkan bantuan rumah layak huni,? ujarnya.

Rudiyanto berharap program ini bisa terlaksana setiap tahun di Aceh Tamiang. Menurutnya, di kabupaten ini masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan rehab rumah sehingga layak huni. ?Ini adalah program ibadah dan bukan hanya bisa dilakukan oleh Kementrian Agama semata, tetapi juga unsur Muspika maupun komponen masyarakat lainnya,? kata Rudi.

Sainah merasa bersyukur atas rumah yang dibangun Kanwil Kemenag Aceh. Kini, keluarganya bisa berkumpul kembali di rumah baru tersebut.

Selain menyerahkan kunci rumah, Daud Pakeh juga meninjau pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Madrasah Ibtidaiyah tahun 2018 di kabupaten berjuluk ?Bumi Muda Sedia? tersebut. Adapun sekolah yang dikunjungi adalah MIN 2 Aceh Tamiang, MTs Harapan Mutiara Seruway dan sejumlah madrasah lainnya.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU