Menristekdikti M Nasir Pesankan 3 Poin untuk Institusi Pendidikan Tinggi

  • Nasional
  • 04 Mei 2018 | 02:11 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 370 kali
image
foto: beritajowo.com/dok

beritajowo.com / jakarta - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menggarisbawahi tiga poin penting untuk menjaga moral institusi pendidikan tinggi. Pertama, terciptanya good university governance atau tata kelola universitas yang baik.

"Perubahan situasi yang begitu cepat, teknologi yang begitu cepat akan mempengaruhi iklim yang ada di perguruan tinggi didalam pengelolaanya dan akan mempengaruhi dalam sistem pembelajaran dan akan berpengaruh dalam tata kelola. Ini akan kita lakukan sebaik baiknya untuk mencapai world class university. Dalam pengelolaan perguruan tinggi, ukuran yang kita lihat salah satunya publikasi? dan? akreditasi perguruan tinggi," jelasnya.

Menurutnya, ciri tata kelola yang baik tersebut memiliki 4 elemen utama yang harus dilakukan yakni transparansi, kejujuran, akuntabilitas, dan tanggung jawab. "Perguruan tinggi harus di bina dengan baik, ini adalah tantangan harus kita hadapi. Dan juga sistem yang ada di perguruan tinggi harus berjalan dengan baik contoh sistem akademik," tambahnya.

Selain itu, Nasir juga menekankan pembinaan yang baik. Ia mengharapkan para stakeholder di lingkungan pendidikan tinggi dapat dibina dengan baik sehingga dapat meningkatkan baik mutu perguruan tinggi, kualitas lulusan, kulitas birokrasi maupun kualitas pelayanan publik.

Menristekdikti mendorong baik instansi pusat Kemenristekdikti? maupun perguruan tinggi dan Kopertis untuk senantiasa melakukan reformasi birokrasi sehingga dapat terwujud pelayanan yang prima baik kepada publik internal maupun eksternal. Sehingga para stakeholder mendapat layanan yang baik dan optimal dari institusi pendidikan tinggi dan mengurangi keluhan terhadap kualitas layanan publik yang ada.

Nasir mengharapkan pimpinan PTN dan kopertis selalu berkoordinasi dengan kementerian dan mengikuti pedoman yang di atur di Kemenristekdikti. "Dosen harus di kelola dengan baik home base dosen akan kami tarik bisa di jurusan bisa di fakultas dan bisa di universitas," ungkapnya.

Nasir juga menekankan pentingnya membangun teknologi informasi. Karenanya, sistem informasi akademik harus di bangun dengan baik.? "Kalau tidak dibangun dengan baik Rektor akan mengalami kesulitan," cetusnya.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU