Kompak Seragam Militer, Jokowi Dampingi Sultan Brunei Saksikan Atraksi TNI

  • Nasional
  • 04 Mei 2018 | 00:43 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 408 kali
image
Foto: Istimewa

beritajowo.com // Jakarta - Dengan mengenakan pakaian loreng atau seragam khas milik TNI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis, (3/5/2018). Kedatangan Presiden Jokowi ini dalam rangka mendampingi Sultan Bolkiah menyaksikan demontrasi kemampuan prajurit TNI.

Ketibaan Presiden Jokowi sekira pukul 15.20 WIB langsung disambut Panglima TNI Marsekal H?adi Tjahjanto dan sejumlah menteri di Kabinet Kerja. Selang 20 menit, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah? pun tiba di Mabes TNI. Sultan Bolkiah juga sama dengan Presiden Jokowi yang menggunakan pakaian lapangan militer negaranya, mengenakan baret merah.

Jokowi serta Bolkiah kompak mengenakan seragam loreng-loreng. Seragam yang dikenakan Bolkiah merupakan seragam militer Brunei, lengkap dengan baret merah. Sementara Jokowi juga mengenakan seragam loreng khas TNI dengan baret hitam. Ketibaan mereka kemudian disambut hormat senjata oleh pasukan kehormatan, para personel TNI.

Jokowi dan Bolkiah sempat berfoto bersama di depan Gedung Soedirman. Tidak hanya mereka berdua, sejumlah menteri dan pejabat tinggi di lingkungan TNI juga ikut berfoto bersama. Mereka antara lain Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Usai itu, Jokowi dan Bolkiah menyaksikan atraksi debus yang dipertunjukkan oleh personel TNI di Plasa Mabes TNI. Keduanya juga sempat meninjau beberapa alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dimiliki TNI.

Walaupun diguyur hujan deras, Pasukan Kopassus TNI tetap menampilkan atraksi debus di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (3/5/2018).

Acara yang dimulai sekira pukul 16.00 tersebut, sengaja ditampilkan di hadapan Sultan Brunei sebagai suguhan pertunjukkan budaya khas Indonesia. Tidak hanya pertunjukan debus, kedua pemimpin negara tersebut dipertontonkan atraksi pemecahan batako berlapis-lapis dan atraksi pencak silat.

Selain menyaksikan pertunjukkan budaya, Sultan Brunei didampingi Jokowi direncanakan melihat pameran alutsista dan menyempatkan untuk bermain bulu tangkis bersama.

Kedua Kepala Negara ini juga akan melihat pameran industri pertahanan yang dimiliki Indonesia dan bermain bulu tangkis di GOR Ahmad Yani. Tak sampai di situ, Sultan Bolkiah juga dijadwalkan akan bermain bulu tangkis di lokasi.

?

img
BeJo@23
EDITOR

KABAR TERBARU