Pengamanan Mudik Hingga Pilpres, Kapolri Kumpulkan Kapolda dan Kapolres se-Indonesia

  • Nasional
  • 03 Mei 2018 | 18:36 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 191 kali
image
Foto: Istimewa

beritajowo.com // Jakarta - Para Kapolda dan Kapolres seluruh Indonesia dikumpulkan oleh Kapolri Jenderal Pol HM Tito Karnavian dalam apel Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) dalam rangka menyusun pengamanan agenda nasional, mulai dari liburan hari raya idul fitri hingga perhelatan Pilkada serentak serta Pilpres 2019.

"Kita akan hadapi agenda Ramadhan dan Lebaran, tentu dengan tantangan tersendiri serta dinamika baru karena bersamaan antara masa Ramadhan dan kampanye," kata Tito di gedung Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Kamis (3/5/2018).

Kesiapan menghadapi arus mudik Lebaran 2018 menjadi salah satu fokus Polri saat ini, utamanya mengatasi kemacetan. Selain itu, sektor stabilitas harga komoditas pangan juga bakal menjadi perhatian khusus selama masa lebaran.

"Lebaran seperti biasa kita akan menghadapi operasi ketupat, arus balik dan membantu stabilitas harga pangan. Bersyukur salah satu mitra strategis dijabat purnawirawan Komjen Budi Waseso (Dirut Bulog)," ucap Tito.

Dalam pertemuan itu, Tito juga menginstruksikan seluruh anak buahnya bersiap menghadapi tahapan Pemilu 2019. Perhelatan Pilkada maupun pemilu 2019 yang dilaksanakan serentak perlu mendapat perhatian khusus dari kepolisian untuk menjaga kondusifitas nasional.

"Agustus nanti mulai pendaftaran (Capres), yang harusnya hangatnya Agustus tapi kita sudah melihat warna Pilpres ini sudah muncul," imbuhnya.

Tidak hanya itu, agenda internasional yakni Asian Games yang akan diselenggarakan di Jakarta-Palembang serta forum ekonomi di Bali juga menjadi poin pembahasan dalam pertemuan tersebut. Pasalnya, Polri harus bertanggung jawab mengamankan tamu negara selama berada di Indonesia.

"Setelah itu agenda akhir tahun yakni operasi lilin. Kita duduk bersama samakan persepsi, institusi Polri bisa amankan tugas agenda itu demi nama baik Polri dan nama baik negara," pungkasnya.

img
BeJo@23
EDITOR

KABAR TERBARU