Keunikan Gempa Bumi di Semenanjung Muria Bingungkan BMKG

  • Regional
  • 03 Mei 2018 | 08:53 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 283 kali
image
foto: beritajowo.com/dok

beritajowo.com / kudus -?Hari Kamis, 3 Mei 2018, pukul 05.47.48 WIB, wilayah Semenanjung Muria, Jawa Tengah diguncang gempabumi tektonik.?

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi yg terjadi memiliki kekuatan M 4,3. Episenter terletak pada koordinat 6.42 LS dan 111.07 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 36,6 km arah utara Kota Pati pada kedalaman 12 km.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa guncangan gempa dirasakan di Muria, Pati dan Jepara dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau II-III MMI.

Banyak warga merasakan guncangan gempa ini, bahkan beberapa diantaranya sempat berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Namun demikian, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempabumi yang terjadi.?

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa ini merupakan gempa dangkal akibat sesar lokal. Jika ditinjau lokasi episenternya gempa ini berada di sekitar zona Sesar Muria.

Namun demikian utk memastikan sumber gempa pembangkit gempa ini perlu ada kajian lebih lanjut.?

Gempa Muria ini sangat menarik perhatian, karena di zona ini memang akhir-akhir ini cukup aktif secara seismik.

Tercatat di zona ini sudah beberapa terjadi ?dirasakan cukup signifikan pada 1890, 23 Oktober 2015, dan 18 Juli 2016.

"Hingga saat ini, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat di sekitar wilayah Muria, Pati Dan Jepara dihimbau agar tetap tenang, karena gempa ini belum berpotensi merusak. " jelas Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Dr. Daryono.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU