Aksi Demo Buruh Anarkis di Jogja Tak Berizin

  • Regional
  • 03 Mei 2018 | 05:53 WIB
  • Oleh trb.com
  • Dilihat 8813 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / jogja - Demo digelar mahasiswa di simpang tiga Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Selasa (1/5/2018). Ratusan massa yang menamakan diri Gerakan 1 Mei mengelar aksi demo di pertigaan UIN Sunan Kalijaga. Aksi demo yang awalnya berlangsung damai berujung ricuh dan beberapa orang diamankan polisi.

para saksi mata menyebutkan massa mulai bersikap anarkis sejak sebelum Maghrib. Pos polisi mereka bakar dengan cara dilempari bom molotov.

"Saya saat itu baru menurunkan penumpang, lalu saya lihat massa melempar-lempar pos polisi dengan bom molotov," ujar Iyos, driver ojek online (ojol), dilansir dari Tribunjogjacom

Mereka berteriak-teriak menyalahkan pemerintah dengan berbagai yel-yel. "Saya lihat mereka lari lalu masuk ke selokan di bawah jembatan. Ada yang masuk ke gang-gang juga," jelas Seno, warga Gowok yang menyaksikan langsung aksi kejar-kejaran warga dengan massa.

Berbagai ungkapan protes disampaikan lewat poster, spanduk, orasi & tuntutan mereka. "Mereka teriak-teriak menyalahkan pemerintah," tutur Iyos.

Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan aksi demo awalnya berlangsung kondusif dan damai. "Aksi demo awalnya berjalan dengan tenang dan tidak ada masalah," ujar Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri saat ditemui di pertigaan UIN jalan Jogja-Solo, Selasa (01/05/2018) sore.

Ahmad Dofiri menyayangkan aksi demo yang awalnya berjalan aman diwarnai dengan tindakan anarkis. Selain itu isu yang di usung juga berbeda dengan hari buruh. "Kami menyayangkan, tidak tahu dari kelompok mana, isunya yang disuarakan bukan terkait masalah buruh," urainya.

Sementara itu, menurut Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri, aksi tersebut tidak memiliki izin. "Aksi tersebut tidak ada izinnya," ungkap Ahmad Dofiri.

Terakhir sebanyak 69 demonstran ditangkap, 59 di antaranya laki-laki dan 10 perempuan.

"Ada 59 laki-laki dan 10 orang perempuan," jelas Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yulianto.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU