Pemerintah Jamin SPBU Jual Premium dengan Revisi Perpres

  • Nasional
  • 03 Mei 2018 | 04:56 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 244 kali
image
Foto: Istimewa

beritajowo.com // Jakarta - Lantaran Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191/2014, banyak SPBU yang tidak menyediakan perium atau BBM dengan RON 88. Akhirnya pemerintah merevisi Perpres tersebut. Dalam peraturan baru kali ini, premium wajib tersedia di wilayah Jawa Madura dan Bali (Jamali).

?Di Perpres 191/2014, Pertamina tak wajib menyediakan Premium di Jamali karena bensin RON 88 itu hanya berstatus sebagai Jenis BBM Khusus Penugasan di luar Jamali,? ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution, Rabu (2/5/2018).

Darmin menjelaskan, ketika selesai dibahas, revisi Perpres tersebut bisa disahkan pada bulan ini juga. Dengan begitu diharapkan tak ada kekosongan stok Premium lagi di Jamali.

Sebelumnya, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menjelaskan, setelah Perpres 191/2014 direvisi, Menteri ESDM akan menerbitkan Peraturan Menteri ESDM yang mengatur lebih lanjut. Karena sekarang banyak SPBU di wilayah Jamali tidak menyediakan Premium.

?Alasannya Perpres No. 191/2014 tak mewajibkannya. Dengan adanya Perpres baru, nantinya Pertamina wajib menjamin pasokan Premium di seluruh Indonesia, bensin RON 88 tersebut harus ada di semua SPBU termasuk di Jamali,? ujarnya.

Dikatakan, setelah direvisi perpres itu akan secepatnya ditandatangani Presiden. Setelah itu akan ada Permen ESDM yang mengatur lebih lanjut, termasuk kuota Premium di Jamali.

Perpres tersebut dibuat lantaran beberapa daerah di wilayah Jamali memang kekurangan stok Premium.

img
BeJo@23
EDITOR

KABAR TERBARU