Menag: Keberadaan Gontor Bukti Wasathiyah Islam Terpelihara

  • Grand Syekh Al-Azhar Ahmad bin Muhammad Al-Thayeb
  • Nasional
  • 03 Mei 2018 | 02:31 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 267 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / ngawi - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan keberadaan Pondok Pesantren Gontor menjadi salah satu bukti kongkrit bagaimana nilai-nilai Wasathiyah Islam itu dikembangakan. "Dalam konteks Indonesia, keberadaan Pondok Pesantren Gontor adalah wujud kongkrit bahwa nilai wasathiyah Islam terus terpelihara dengan baik," kata Menag dalam sambutannya di pertemuan Grand Syekh Al-Azhar Ahmad bin Muhammad Al-Thayeb di Auditorium Pondok Modern Gontor Putri 1, Mantingan, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur, Rabu (02/05).

Di hadapan ribuan santriwati Gontor, Menag meminta untuk selalu bersyukur karena dapat mengenyam pendidikan di salah satu lembaga terbaik di Tanah Air. "Tidak banyak mereka yang punya kesempatan belajar di lembaga pendidikan terbaik. Syukuri ini dengan terus belajar dan belajar. Sesunguhnya kedalaman ilmu itu tidak ada dasarnya, sebagaimana keluasan ilmu itu tiada bertepi," pesan Menag.

Tampak hadir mendampingi Grand Syekh Al-Azhar, Pimpinan Pondok Modern Gontor Darussalam KH Hasan Abdullah Sahal, Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Duta Besar Mesir untuk Indonesia, Rektor Jamiah Al-Azhar, Quraish Shihab dan keluarga besar Pondok Gontor Modern Darussalam.

"Grand Syekh Al-Azhar Ahmad bin Muhammad Al-Thayeb adalah tamu agung dan sangat istimewa yang sudah begitu kita nanti. Kehadiran beliau bersama delegasi adalah bentuk kecintaaan beliau yang luarbiasa kepada kita semua, karena untuk kesekian kalinya beliau tidak hanya berkunjung ke Indonesia melainkan berkunjung ke Pondok Gontor," ujar Menag disambut aplaus ribuan santriwati.

"Santri adalah penjaga wasathiyah Islam yang menjadi ciri keindonesian dan kehidupan umat Islam di dunia. Keberadaan Al Azhar sangat signifikan agar nilai wasathiyah Islam tetap terpelihara," sambung Menag.

Usai Grand Syekh Al-Azhar Ahmad bin Muhammad Al-Thayeb, KH Hasan Abdullah Sahal dan Menag memberi sambutan, rangkaian acara dilanjutkan dengan penandatangan prasasti Gedung Baru Gontor.

Rangkaian acara kunjungan Grand Syekh Al-Azhar Ahmad bin Muhammad Al-Thayeb ke Pondok Gontor Putri 1 berakhir sekitar pukul 14.50 WIB dan rombongan langsung bertolak ke Solo.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU