Dandim 0716/Demak Pantau Langsung Peringatan May Day

  • Regional
  • 02 Mei 2018 | 13:13 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 223 kali
image
Foto: beritajowo.com/Dok

beritajowo.com / demak - Puncak Hari Buruh Internasional atau dikenal May Day yang jatuh pada 1 Mei diperingati oleh kalangan organisasi buruh dan elemen yang ada didalamnya, bahkan peringatan May Day dinyatakan oleh pemerintah sebagai Hari Libur Nasional.

Tak terkecuali di Kabupaten Demak pada hari Selasa (01/05/18) di area parkir Stadion Pancasila Jln.Sultan Hadiwijaya Kabupaten Demak telah berlangsung "Panggung May Day Beramal/Santunan Anak Yatim" dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional dengan tema" Mayday Is A Fun Day" dengan Semangat Hari Buruh Internasional Kita Tingkatkan Produktifitas, Kompetensi dan Daya Saing Tenaga Kerja Menyongsong Revolusi Industri 4.0 yang diselenggarakan oleh Aliansi Buruh yang bekerja sama dengan Pemerintah dan APINDO? serta tak kurang dari 1500 buruh memadati lapangan parkir Stadion Upacara.

Turut hadir dalam kegiatan May Day diantaranya Brigjen TNI Agus Joesni (Kabinda Jateng), Brigjen Pol. Ahmad Lutfi (Wakapolda Jateng), Kombes. Didit Setyobudi (Kabid Dokkes Polda Jateng), Kombes FX.Bagus. W (Dir Pam Obvit Polda Jateng), AKBP Maesa Sugriwo?SIK (Kapolres Demak), Letkol Inf. Abi Kusnianto (Dandim 0716/Demak), Drs.Budi Wibowo. MSi (Asisten Administrasi setda Jateng/Plt Gubernur Jateng), Agus Herawan.S.IP (Ka.Kesbangpol Kab Demak), Drs.Eko Pringgo Laksito.M.S.I (Ka.Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kab.Demak),Tim May Day Prov Jateng, LKS Tri Partit, Jangkar Puspito, S.Pd (Ketua Aliansi Gerakan Buruh Demak), Jayus (ketua KSPN Kab. Demak) serta Perwakilan Buruh se Kab. Demak

Dalam sambutan tertulis Plt.Gubernur Jateng yang dibacakan oleh Budi Wibowo.MSi (Asisten Administrasi Setda Jateng/Plt Gubernur Jateng) mengatakan bahwa Peringatan May Day tahun ini menjadi tahun keenam sebagai hari libur Nasional,dari tahun ke tahun Peringatan May Day selalu diwarnai dengan suasana menyenangkan dan penuh keakraban

Peringatan May Day Tahun 2018 ini mengangkat tema "Dengan Semangat Hari Buruh Internasional Tahun 2018, Kita Tingkatkan Produktivitas Tenaga Kerja,Kompetensi, dan Daya saing Ini merupakan tema yang sangat bagus untuk menyemangati tenaga kerja kita agar terus menaikkan kompetensi, daya saing dan produktivitasnya

Serikat Pekerja harus terus menciptakan ruang-ruang yang produktif dan konstruktif, seperti berdialog dan berkomunikasi agar kondisi hubungan industrial di Jateng senantiasa kondusif. Satu hal yang tidak kalah penting, peran serikat pekerja hendaknya dapat terus mendukung peningkatan produktivitas dan kompetensi pekerja di Jawa Tengah.

Dalam orasinya perwakilan buruh sekaligus ketua aliansi buruh Kab.Demak Jangkar Puspito mengatakan bahwa "Perjuangan buruh di Demak masih banyak tertunda upah minimal kabupaten masih belum terealisasi sepenuhnya",terangnya.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada panitia yang bekerja dengan pihak tertentu sehingga terlaksana acara pada pagi hari ini bisa berlangsung aman dan damai dengan harapan bisa berjalan dengan tertib pungkasnya.

Dalam kegiatan panggung May Day juga dilaksanakan kegiatan Baksos pengobatan gratis, Donor Darah, Senam aerobik, Santunan anak yatim 25 orang perwakilan dari 14 Kecamatan yang berada di wilayah Kab. Demak serta pengundian Door Prize dan beberapa hadiah hiburan.

Dalam kesempatan itu, Dandim Demak Letkol Inf Abi Kusnianto turut memberikan santunan kepada anak yatim. Disela-sela acara Dandim 0716/Demak menyampaikan, "syukur Alhamdulillah kabupaten Demak sampai dengan saat ini situasi masih sangat kondusif. Kita selaku pihak aparat keamanan selalu berharap dengan kondisi seperti ini, meskipun diberbagai daerah di wilayah Indonesia hari ini banyak terjadi unjuk rasa dalam mengapresiasi perayaan May Day," ungkapnya.

?Hal ini tentunya yang kita harapkan bersama dan hal ini pula menunjukkan bahwa hubungan emosional para buruh dan pemilik perusahaan berjalan cukup baik dan harmonis serta hubungan dengan aparat pemerintah juga sejalan dengan baik, kita selaku aparat pemerintah selalu berupaya menghimbau agar para pemilik perusahaan dan karyawan agar dapat berkomunikasi dengan baik sehingga tidak terjadi permasalahan, jika terjadi permasalahan selesaikan dengan cara persuasif dengan mengedepankan azas mufakat untuk mengambil suatu keputusan dan hindari perbuatan anarkis yang dapat merugikan sendiri dan juga orang lain,? harapnya.

img
BeJo@21
EDITOR

KABAR TERBARU