PBB Dilibatkan Penutupan Fasilitas Nuklir Korut

  • Internasional
  • 01 Mei 2018 | 21:54 WIB
  • Oleh VOA
  • Dilihat 203 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / seoul - Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, menginginkan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk ikut memantau penutupan fasilitas uji coba nuklir Punggye-ri milik Korea Utara.

Juru bicara kepresidenan Selasa (1/5) mengatakan Presiden Moon menyatakan harapan itu dalam pembicaraan telepon dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjanji untuk menutup fasilitas uji coba nuklirnya selambatnya akhir Mei.

Pejabat Korea Selatan mengatakan hari Minggu (29/4) bahwa Kim berencana mengundang para ahli dan wartawan dari Seoul dan Amerika Serikat untuk memantau penutupan fasilitas tersebut.

Perkembangan ini merupakan bagian dari gelombang diplomasi yang termasuk pertemuan puncak antara Moon dan Kim dan pembicaraan yang direncanakan antara Presiden Kim dan Presiden Amerika Donald Trump.

Bertemu dengan pemimpin Korea Utara di Zona Demiliterisasi akan ?menarik,? kata Trump kepada para wartawan hari Senin (30/4), beberapa jam setelah dia mengirim cuitan lewat Twitter bahwa dia ingin mengadakan pertemuan puncak dengan Kim di ?Rumah Perdamaian/Gedung Kebebasan? di perbatasan Korea Selatan-Korea Utara.

?Kami mempertimbangkan berbagai negara, termasuk Singapura, dan kami juga berbicara tentang kemungkinan DMZ,? kata Trump di Rose Garden, Gedung Putih pada akhir konferensi pers dengan Presiden Nigeria Muhammadu Buhari.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU