Sabtu Depan, Keraton Solo Gelar Kirab Agung

  • Regional
  • 01 Mei 2018 | 10:51 WIB
  • Oleh timlo
  • Dilihat 556 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / solo -?Keraton Surakarta bakal segera menggelar Kirab Agung Sabtu (5/5) mendatang. Kirab tersebut sudah enam tahun terakhir absen karena konflik berkepanjangan yang terjadi di internal Keraton Surakarta.

?Kegiatan ini sebenarnya masih satu rangkaian dengan Tingalan Jumenengan kemarin,? kata Pengageng Paran Para Nata Keraton Surakarta, KGPH Hadiprabowo.

Sebagaimana diketahui, SISKS Pakubuwana XIII Hangabehi absen dari Tingalan Jumenengan sejak 2013 hingga 2016 karena berkonflik dengan adik-adik kandungnya.

Raja Keraton Surakarta itu baru menghadiri upacara peringatan kenaikan tahtanya dua tahun terakhir setelah Pemerintah turun tangan melalui Dewan Pertimbangan Presiden Subagyo Hadi Siswoyo.

?Karena ini masih dalam rangkaian Tingalan Jumenengan, banyak kerabat dan masyarakat yang ingin ikut terlibat (kirab),? kata dia.

Menurut pendataan pihak Keraton, setidaknya ada 4.000 personel yang akan memeriahkan Kirab Agung Keraton Surakarta.

Loading...
Composite End --> p>

Ribuan orang tersebut meliputi prajurit keraton, abdi-abdi dalem dari berbagai daerah, polisi, TNI, hingga kelompok seni dari masyarakat.

?Kita sampai bingung mau menempatkan di mana karena banyaknya yang mau ikut,? kata dia.

Kirab tersebut rencananya dimulai pukul 14.00 WIB. Mula-mula, SISKS Paku Buwono XIII Hangabehi akan menjalankan sejumlah prosesi adat sebelum prosesi kirab dimulai.

Pada pukul 12.00 WIB, seluruh kerabat keraton dan tamu-tamu kehormatan akan kembul bujana?atau makan bersama di dalam Keraton Surakarta.

Selanjutnya, pukul 13.30 WIB, PB XIII Hangabehi akan berjalan diringi sejumlah prajurit menuju Pagelaran untuk bersiap mengikuti Kirab.

?Rutenya, dari Keraton melalui Jl Pakoe Boewono. Kemudian dari Gapura Gladak menuju Jl Jenderal Sudirman menuju Jl. Mayor Kusmanto.

Kemudian menuju Jl Kapten Mulyadi, Jl Veteran, Jl Yos Sudarso, krmudian balil ke Jl Slamet Riyadi. Masuk ke Jl Pakoe Benowo sebelum kembali ke Keraton,? terangnya.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU