WhatsApp di Eropa Ubah Aturan Batas Minimum Pengguna Jadi 16 Tahun

  • Internasional
  • 30 Apr 2018 | 12:48 WIB
  • Oleh bejo25
  • Dilihat 183 kali
image
foto.(istimewa)

beritajowo.com // Eropa - Layanan pesan singkat WhatsApp di Eropa, mengubah aturan minimal usia penggunanya. Seperti dilansir CNBC, awalnya orang yang mau pakai aplikasi ini harus berusia minimal 13 tahun.

Tapi sekarang aturan tersebut ditambah 3 tahun, menjadi 16 tahun. Itu artinya sebelum menginjak bangku sekolah menengah atas, mereka tidak diperbolehkan memakai aplikasi ini. Pilihannya ya harus pindah jalur ke jejaring sosial lain.

WhatsApp menerapkan aturan baru ini bukan tanpa alasan. Katanya kebijakan tersebut merupakan upaya perusahaan memenuhi ketentuan kerahasiaan data penggunanya.

Aturan soal usia minimum ini kabarnya mulai diberlakukan tahun depan. WhatsApp yang notabene adalah milik Facebook, turut berada di tengah pengawasan pemerintah dunia. Hal ini terkait dengan kasus kebocoran data 87 juta pengguna Facebook yang digunakan tanpa izin oleh lembaga konsultasi politik Cambridge Analytica demi memenangkan Presiden AS, Donald Trump.

Soal aturan usia minimal ini katanya WhatsApp nanti akan meminta pengguna di Eropa mengonfirmasi apakah mereka sudah berusia 16 tahun atau lebih.

Bentuk konfirmasinya sebatas mencentang boks yang sudah disediakan begitu, seperti yang sering kita temui di beberapa platform lain di internet. Boks itu bisa ditemukan pengguna di ketentuan layanan dan kebijakan privasi aplikasi WhatsApp.

Sebenarnya kalau bentuk persetujuannya cuma boks yang dicentang gitu sih nggak bakal menutup kemungkinan pengguna yang belum 16 tahun berbohong ya.

Lain halnya dengan pemilik WhatsApp, Facebook. Dalam memenuhi regulasi GDPR, jejaring sosial terbesar di dunia itu menuntut agar penggunanya yang masih di bawah 16 tahun menunjuk orang tua atau walinya untuk mengizinkan mereka membagi data di platform tersebut.

img
BeJo@25
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU