Arab Saudi Eksekusi Mati 48 Orang Dalam 4 bulan Terakhir

  • Internasional
  • 26 Apr 2018 | 19:56 WIB
  • Oleh Metrotvnews
  • Dilihat 208 kali
image
foto(istimewa)

beritajowo.com // arab saudi?- Human Rights Watch (HRW) mendesak agar Arab Saudi memperbaiki sistem peradilan kriminalnya yang dinilai tidak adil.

HRW juga baru saja mengeluarkan laporan bahwa Arab Saudi telah mengeksekusi 48 orang dalam empat bulan terakhir."Arab Saudi telah mengeksekusi 48 orang sejak Januari hingga April 2018," kata laporan tersebut, dikutip dari?AFP,?Kamis 26 April 2018.

Para pakar dan pejuang HAM telah berulang kali menyerukan keprihatinan tentang sistem pengadilan kerajaan yang diatur di bawah aturan Islam yang cukup ketat. Pemerintah Arab Saudi beranggapan, hukuman mati adalah bentuk hukuman agar pelaku jera.

"Sudah cukup Arab Saudi mengeksekusi begitu banyak orang, tetapi banyak dari mereka tak terbukti melakukan kejahatan," ujar Direktur HRW Timur Tengah Sarah Leah Whitson.

Sejak awal 2014, HRW mempunyai catatan bahwa Arab Saudi telah melakukan hampir 600 eksekusi mati. Lebih dari sepertiga dari mereka terjerat kasus narkoba.

Tahun lalu, hampir 150 orang dijatuhi hukuman mati dengan cara kepalanya dipenggal.

Melihat kecaman dari berbagai pihak, Putra Mahkota Mohammad bin Salman menyarankan agar kerajaan mempertimbangkan perubahan hukuman mati tersebut, kecuali kasus pembunuhan.

img
BeJo@22
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU