Kapal Induk Tiongkok Latihan Militer di Laut China Timur

  • Internasional
  • 24 Apr 2018 | 15:53 WIB
  • Oleh VOA
  • Dilihat 228 kali
image
foto(istimewa)

beritajowo.com // china timur??- Sebuah armada kecil kapal angkatan laut China mengadakan "latihan tempur langsung" di Laut China Timur, tulis media pemerintah Selasa (24/4) pagi, peragaan kekuatan terbaru oleh angkatan laut Beijing di perairan yang disengketakan, sehingga membuat gusar negara-negara tetangga.

Kantor berita Xinhua milik pemerintah mengatakan, kapal-kapal yang dipimpin oleh satu-satunya kapal induk milik China, Liaoning, "mengambil bagian dalam latihan perang anti-pesawat dan anti-kapal selam" dengan "kekuatan lawan" yang disimulasikan.

Xinhua mengatakan, latihan yang berlangsung hari Minggu (22/4), termasuk beberapa kali tinggal landas dari dek kapal induk Liaoning oleh pesawat tempur J15 dan "rudal anti-udara ditembakkan dari kapal-kapal yang mengelilingi kapal induk".

Liaoning adalah kapal induk jaman Perang Dingin yang dibeli dari Ukraina dan dipergunakan pada tahun 2012.

Presiden China, Xi Jinping awal bulan ini memeriksa konvoi itu ketika melakukan latihan di Laut China Selatan yang disengketakan.

Beijing menegaskan kedaulatannya atas hampir semua jalur perairan yang kaya sumber daya itu, dengan membangun kepulauan buatan di sana yang mampu menampung peralatan militer, meskipun ada klaim dari beberapa negara tetangga di Asia Tenggara.

img
BeJo@22
EDITOR

KABAR TERBARU