Raja Swaziland Ubah Nama Negaranya Jadi Kerjaan eSwatini

  • Internasional
  • 21 Apr 2018 | 11:37 WIB
  • Oleh VOA
  • Dilihat 217 kali
image
foto: VOA/dok

beritajowo.com / JOHANNESBURG ? Raja Swaziland, satu-satunya kerajaan yang masih ada di Afrika, telah mengumumkan nama baru negaranya yaitu Kerajaan eSwatini.

Raja Mswati III mengumumkan perubahan nama itu dalam perayaan Hari Kemerdekaan ke-50 dan hari ulang tahunnya ke-50 di sebuah stadion olahraga yang padat di Kota Manzini.

eSwatini berarti ?tempat rakyat Swazi" dalam bahasa Swazi untuk negara kecil yang dikepung daratan antara Afrika Selatan dan Mozambik.

"Saya ingin mengumumkan bahwa Swaziland sekarang akan kembali ke nama aslinya," katanya.

?Negara-negara Afri ka yang mendapat kemerdekaan menggunakan nama lama negeri mereka sebelum dijajah,? kata Raja Mswati.

Raja juga mengatakan bahwa nama kerajaan itu telah lama menyebabkan kebingungan. "Setiap kali kami pergi ke luar negeri, orang-orang menyebut kami orang Switzerland."

Raja Mswati, yang dikenal sebagai Ngwenyama atau "singa", terkenal karena memiliki banyak istri dan gemar mengenakan pakaian tradisional.

Raja Mswati adalah putra Raja Sobhuza II yang memerintah selama 82 tahun. Raja Mswati saat ini memiliki 15 istri. Menurut penulis biografi resmi, ayahnya mempunyai 125 istri selama berkuasa.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU