Kemendikbud Sesuaikan Industri untuk Tenaga Kerja Lulusan SMK

  • Nasional
  • 20 Apr 2018 | 18:28 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 130 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggandeng industri di tanah air untuk menyesuaikan kebutuhan tenaga kerjanya dengan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kepala Seksi Kerjasama Industri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Yuliati Sri Nurhidayati menyatakan pihaknya akan melakukan kajian kebutuhan industri atas tenaga kerja berdasarkan daerah masing-masing.

Pengkajian berdasarkan kebutuhan daerah dan lokasi yang ada," ungkapnya saat Final Aspira SMK Sales Award 2018 di Jakarta, Kamis (19/4) lalu.

Dia memaparkan saat ini terdapat 13.800 SMK di seluruh Indonesia dengan pelbagai jurusan. Sementara, khusus jurusan bisnis manajemen dimana sales menjadi salah satu cabangnya, jumlah sekolahnya mencapai 6600.

"Karena bisnis manajemen bukanya mudah ngga perlu bengkel dan sebagainya jadi banyak? banyak sekolah dirikan itu (jurusan bisnis manajemen)," tambahnya.

Karena itulah, lulusan SMK jurusan bisnis manajemen pun banyak dan harus disalurkan ke industri. Untuk itu, Kemendikbud bekerjasama dengan PT Astra Otoparts Tbk dengan brand miliknya, ASPIRA mengadakan program ASPIRA SMK Sales Awards 2018. Pada Kamis (19/4) terpilih tiga pemenang dari sepuluh finalis yang berasal dari seluruh Indonesia yakni Juara I SMK 23 Jakarta Utara, Juara II SMK PGRI 5 Jember, SMK 1 Pekanbaru Riau.

Program tersebut bertujuan meningkatkan Kompetensi Keahlian Pemasaran, sebagai program implementasi pemasaran secara komprehensif. Program tersebut dimulai September 2017 lalu dengan 300 tim peserta mendaftar melalui website www.sayajagosales.co.id.

Masing-masing tim terdiri dari 5 orang siswa/i kelas XII Kompetensi Keahlian Pemasaran yang berasal dari 25 kota besar di Indonesia. Selama masa kompetisi berlangsung, peserta terus dibekali dengan online class? serta pendampingan oleh masing-masing mentor di kota masing-masing mengenai produk yang akan dipasarkan, strategi pemasaran yang akan diterapkan, juga bagaimana melakukan pendekatan kepada calon customer.

img
BeJo@17
EDITOR